Prospek Kariangau Cerah, Pemprov dan Pelindo IV Kian Mesra

Foto: Adi Suseno

PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV bersiap maju dengan manajemen baru. Saat ini, perusahaan negara ini pun masih menjalin kerja sama erat dengan Pemprov Kaltim dalam kepemilikan PT Kaltim Kariangau Terminal (KKT).

Menurut Gubernur Kaltim H Isran Noor, kerja sama di KKT akan terus dilanjutkan dengan pertimbangan saling menguntungkan. Yakni memberi manfaat proporsional bagi kedua belah pihak. Daerah mendapat manfaat,  sementara Pelindo juga menikmati keuntungan dari kerja sama ini.

“Kariangau ini punya prospek luar biasa long termnya. Karena sebuah teluk yang tidak banyak dimiliki oleh daerah lainnya. Apalagi di dekat kawasan Teluk Balikpapan juga akan ada ibu kota negara (IKN) baru Indonesia,” kata Isran saat melakukan video conference  dengan Direktur Utama (Dirut) PT Pelindo IV (Persero) Prasetyadi dan jajaran Diireksi Pelindo IV di Ruang Heart of Borneo (HoB) Kantor Gubernur Kaltim, Senin (11/5/2020).

Gubernur yakin bersama kepemimpinan baru PT Pelindo IV, KKT akan mampu menorehkan kontribusi lebih besar untuk kemajuan ekonomi Kalimantan Timur.

"Saya tidak bisa mengarahkan, karena bapak lebih berpengalaman. Yang jelas saya menyambut bapak bertugas di Pelindo IV. Kami siap bekerjasama dan mengembangkan usaha di Kaltim Kariangau Terminal ini,” sambung  Isran.  

Wagub Hadi Mulyadi yang juga hadir dalam video conference tersebut menambahkan, KKT memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan dan ditingkatkan khususnya di bidang ekspor berbagai komoditi unggulan Kaltim. 

“Saya harap kita bisa segera bertemu dan membicarakan lebih detail kerja sama pengembangan KKT ke depan. Selamat bertugas,” ucap Hadi.  

Dirut Pelindo IV Prasetyadi berharap Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi bisa terus memberi arahan agar kerja sama ini benar-benar mampu memberikan kontribusi bagi daerah dan bangsa.

“Kami ingin meminta arahan Bapak Gubernur terkait kerja sama dalam PT Kaltim Kariangau Terminal. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi,” kata Pras, sapaan akrabnya. 

Video conference juga diikuti Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim HM Sa’bani, Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim Abu Helmi, Kepala Biro Perekonomian Nazrin dan Kepala Satpol PP Gede Yusa. Hadir pula manajemen PT Kaltim Kariangau Terminal dan jajaran Direksi Pelindo IV. 

Gubernur juga menyampaikan ucapan selamat atas dilantiknya Dirut Pelindo IV dan sejumlah direksi lainnya. (her/sul/humasprov kaltim).

Berita Terkait