PT Gunung Sewu Kembangkan Holtikultura dan Peternakan

SAMARINDA - Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluh Provinsi Kaltim, Fuad Asadin mengatakan, perusahaan PT Gunung Sewu yang melakukan ekspansi (pengembangan usaha) dari Lampung ke Kaltim, selain akan mengembangkan holtikultura juga akan mengembangkan peternakan sapi.

Diperlukan lahan yang luas.  Alternatif pertama yang dipilih adalah Kabupaten Berau. Karena proses pembebasan lahannya memakan waktu yang agak lama, maka kemudian mereka mencari lokasi perintis, yaitu Kabupaten Paser. 

"Di Paser ada lahan eks lahan Inhutani, yang nantinya akan dikelola untuk pengembangan perkebunan nenas, buah naga, jambu kristal dan pisang. Dalam pengembangan holtikultura itu nantinya juga akan dikembangkan peternakan sapi. Sapi-sapi yang diternak akan mengkomsumsi sisa produk olahan buah," kata Fuad Asadin.

Menurut dia, PT Gunung Sewu sangat bersemangat untuk mengembangkan usaha di Kaltim, karena potensi pasar produk yang sangat luar biasa. Selain itu, dari sisi biaya transportasi pun dinilai lebih murah. Dengan demikian, produk akan lebih berdaya saing dan lebih menguntungkan dibanding jika pengembangan usaha dilakukan   di Lampung.        

"Ada empat kabupaten yang siap lahannya, yaitu Kabupaten Paser, Penajam Paser Paser Utara, Kutai Timur dan  Kutai Barat. Sementara Kabupaten Kutai Kartanegara dan Berau juga potensial, namun kesiapan lahan di masing-masing daerah harus diproses lagi," kata Fuad Asadin. (mar/sul/es/hmsprov)     

Berita Terkait
Government Public Relation