PTK-PAUDNI Kaltim Harus Berupaya Capai Prestasi Nasional

PTK-PAUDNI Kaltim  Harus Berupaya Capai Prestasi Nasional

 

SAMARINDA - Salah satu indikator keberhasilan bidang pendidikan adalah meningkatnya kualitas sumber daya manusia (SDM). SDM berkualitas adalah keharusan agar Kaltim mampu bersaing dalam kompetisi nasional maupun global. Salah satunya adalah para PTK-PAUDNI yang akan mengikuti lomba tingkat nasional, harus berupaya mencapai prestasi.

Penegasan itu diungkapkan Asisten Kesejahteraan Rakyat Setdaprov Kaltim H Bere Ali saat mewakili Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada pelepasan kontingen Apresiasi  Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Non Formal dan Informal (PTK-PAUDNI) Berprestasi Tingkat Nasional mulai 3-9 Juni 2015 di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Pelepasan kontingen berlangsung di Ruang Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Senin (1/6).

Bere Ali mengatakan, Indonesia dan Kaltim khususnya tidak mungkin bisa menghindar dari persaingan global. Karena itu, kondisi ini harus disikapi secara bijak dengan melakukan berbagai upaya, terutama meningkatkan kualitas pendidikan,  merealisasikan berbagai program pendidikan untuk menjawab  tentangan global.

Diperlukan dukungan semua pihak,  khususnya dari para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini, tutor keaksaraan, pimpinan dan pengelola lembaga pendidikan non formal yang terlibat langsung untuk mempersiapkan SDM," kata Bere Ali. 

Dikatakan, Pemprov Kaltim sangat mendukung kegiatan apresiasi PTK Paudni berprestasi dan keikutsertaan kontingen Kaltim pada lomba tingkat nasional. Bere mengingatkan agar peserta menggunakan waktu dan kesempatan untuk menunjukan kemampuan dan keahlian masing-masing, khususnya dalam hal pembuatan karya nyata dan karya tulis.

"Momentum ini hendaknya digunakan untuk meningkatkan hubungan sesama pendidik dan manfaatkan kegiatan apresiasi ini untuk saling tukar menukar informasi, yang nantinya dapat diaplikasikan sekembalinya di daerah masing-masing," paparnya.

Bere Ali  juga berpesan, agar seluruh peserta dapat mengikuti lomba secara sehat dan sportif dan ikuti semua ketentuan dan persyaratan yang sudah ditetapkan panitia penyelenggara.

Kepala Dinas Pendidikan Kaltim H Musyahrim dalam laporannya mengatakan, kontingen apresiasi PTK Paudni berprestasi Provinsi Kaltim berjumlah 26 orang terdiri 15 peserta dan 11 pendamping. Terdiri dari 5 orang PTK berasal dari Bontang untuk pendidikan dan pengelola PAUD, instruktur baby sitter, instruktur komputer, pengelola lembaga kursus dan pelatihan. Ditambah 3 orang PTK berasal dari Kukar yang terdiri dari kepala SKB, penilik dan instruktur tata boga.

"Kemudian 6 orang PTK dari Samarinda, yang terdiri instruktur tata rias pengantin, instruktur otomotof, tutor keaksaraan fungsional, pengelola PKBM dan TBM dan pamong praja serta 1 orang PTK dari PPU yaitu instruktur tata  busana," kata Musyahrim. (mar/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation