Pulau Derawan Jadi Pusat Industri Pariwisata Kaltim

* Kejurnas Selam Awali Pembukaan Festival Derawan 2013

 

 SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan, sukses promosi dan penyelenggaraan  Festival Derawan 2013 yang akan digelar September mendatang, tidak mungkin hanya dilakukan oleh pemerintah. Dukungan seluruh stakeholder dan elemen daerah ini sangat diharapkan.  

“Sukses Festival Derawan ini tidak bisa bergantung pada kerja pemerintah saja. Tetapi, perlu dukungan masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan. Terutama komponen kepariwisataan daerah, mulai dari biro perjalanan, perhotelan, restoran serta pemandu wisata. Yang jelas semua harus ikut bertanggungjawab dan mendukung,” kata Awang Faroek Ishak didampingi Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi usai menghadiri rapat pemantapan Festival Derawan 2013 di Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (7/6).

Awang menilai, Pulau Derawan dan pulau-pulau lain di sekitarnya adalah bagian dari pusat pertumbuhan ekonomi yang direncanakan pemerintah. Pulau Derawan dan sekitarnya tidak ada bedanya dengan pusat pertumbuhan lainnya seperti Balikpapan dengan Pelabuhan Kariangau, Samarinda dengan Bandara Samarinda Baru dan infrastruktur lainnya, Bontang dengan klaster industri, Kutai Timur dengan pembangunan Pelabuhan Maloy, Berau dengan Pulau Derawan dan pulau lainnya, pembangunan food and rice estate di Bulungan dan pembangunan di kawasan perbatasan.

“Derawan adalah satu dari dari tujuh pusat pertumbuhan ekonomi di Kaltim. Jadi, itu semua merupakan pusat pertumbuhan yang harus terus dipacu. Bahkan, dalam waktu dekat ini Kaltim akan meresmikan Pulau Derawan sebagai pusat industri pariwisata Kaltim,” jelasnya.

Tahun ini, Pemprov Kaltim juga akan membangun Bandara Maratua, yang berada tidak jauh dari Pulau Derawan. Keberadaan fasilitas infrastruktur transportasi udara ini diharapkan memberikan dampak positif bagi kenyamanan para wisatawan berkunjung ke Pulau Derawan maupun pulau-pulau lain di sekitarnya.

            Mengawali rangkaian Festival Derawan, terlebih dahulu akan digelar Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Selam (Diving) pada 20 - 25 Juni 2013.  Promosi dan publikasi perlu terus dilakukan, bukan hanya oleh pemerintah tetapi juga diperlukan partisipasi swasta.

Awang meyakini, pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah tersebut akan meningkat dan wisatawan asing dan nusantara akan terus berdatangan. “Saya yakin pasti terwujud. Apalagi, wisatawan perlu fasilitas untuk menuju pulau tersebut. Makanya infrastrukturnya terus kita bangun,” jelas Awang.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim Dr HM Aswin mengatakan saat ini persiapan Festival Derawan 2013 terus dimatangkan. Bahkan koordinasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) juga terus dijalin demi sukses festival yang bernuansa wisata bahari pertama  di Kaltim ini.

“Persiapan terus berjalan. Sepanjang ini tidak ada kendala dalam koordiansi dan persiapan acara. Mudah-mudahan acara ini berlangsung sukses,” kata Aswin. (jay/hmsprov)

Foto: Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak pada rapat pemantapan Festival Derawan 2013. (jaya/humasprov kaltim).

Berita Terkait
Government Public Relation