Puluhan Lomba Meriahkan Festival Kemilau Seni Budaya Etam 2013

SAMARINDA–Puluhan lomba akan meramaikan Festival Kemilau Seni Budaya Etam 2013 yang akan digelar 15-18 November dan  akan dipusatkan di Kompleks Stadion Madya Sempaja  Samarinda.   
Lomba-lomba yang akan digelar tersebut diantaranya lomba kuliner, lomba busana daerah, lomba musik dan lagu,  lomba tari tradisional kreasi pesisir dan pedalaman serta lomba olahraga tradisional begasing, belogo dan menyumpit.  
Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim, HM Aswin didampingi Ketua Panitia Festival Kemilau Seni Budaya Etam 2013, HM Rozaly, Rabu (12/11).  
“Selain lomba-lomba tersebut juga ada pameran pembangunan kepariwisataan dan kuliner usaha kecil menengah serta penilaian saat parade kontingen yang berparade dari Stasiun TVRI Kaltim menuju tribun Stadion Madya Sempaja,” ujar Aswin.
Diperkirakan,  parade kontingen dari kabupaten/kota akan menjadi  momen  menarik karena berlangsung di jalan raya sejauh 500 meter dan menggunakan pakaian tradisional dan kreasi modern yang diselingi dengan atraksi.  
Dijadwalkan setelah parade kontingen dari 14 kabupaten/kota pada sore hari, dilanjutkan dengan pembukaan festival pada Jumat malam pukul 19.30 wita yang rencanaya akan dibuka oleh Gubernur  Awang Faroek Ishak.  
Keikutsertaan Malaysia, Brunai Darussalam dan Provinsi Sumatera Selatan dipastikan bakal menambah kemeriahan Festival Kemilau tahun ini karena adanya kesamaan budaya, khususnya tarian pesisir dan olahraga tradisional.  
“Setiap pemenang lomba akan disediakan hadiah menarik dan akan mewakili Kaltim pada tingkat nasional sesuai lomba-lomba yang dimenangkan. Sehingga setiap lomba yang diikuti oleh kabupaten/kota diharapkan dapat lebih berkualitas,” harapnya.
Dengan banyaknya lomba yang digelar diharapkan masyarakat Samarinda dan koa-kota di sekitarnya dapat menyaksikan festival tahunan yang digelar sejak pagi dari hari Jumat hingga Minggu.  
“Panitia juga menyiapkan berbagai hiburan agar festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam ke delapan tahun 2013 ini mampu menyedot pengunjung dengan menampilkan Vina Panduwinata, Zerosix band dan Sekar Kedaton,” jelasnya. (yul/hmsprov)

////Foto : HM Aswin
 

Berita Terkait
Government Public Relation