Puluhan Unit Bus Peserta Peda Berangsur Menuju Berau


LABANAN - Dipastikan sejak hari ini, secara berangsur peserta Pekan Daerah (Peda) X Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kaltim Tahun 2019 menggunakan kendaraan puluhan unit bus datang ke Kabupaten Berau melalui jalur darat.

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) KTNA Kaltim Uri Dharma Putra saat menerima Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Berau Mustakim Suharjana yang juga Panitia Daerah Peda X KTNA di pemondokan Sekretariat Panitia Provinsi di Kampung Labanan Makmur, Rabu (17/7/2019, bahwa sedikitnya terhitung 40 unit bus dan puluhan kendaraan kecil lainnya digunakan peserta.

"Sebagian besar dari 2.045 peserta Peda menempuh jalur darat ke Berau. Mereka menggunakan puluhan unit bus," sebut Uri.

Diantaranya, peserta Peda dari Kelompok KTNA Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai peserta terbanyak setelah tuan rumah (Kabupaten Berau). Yakni 400 peserta dengan 12 bus dan 15 mobil.

Selain itu, Kutai Timur 203 orang/enam unit bus, Kutai Barat 45 orang/satu unit bus, Balikpapan dan Paser masing-masing 103 orang/tiga unit bus. Penajam Paser Utara 117 orang/tiga unit bus, Samarinda 182 orang/lima unit bus, Bontang 43 orang/satu unit bus. 

Bahkan Mahakam Ulu 72 orang/tiga unit bus yang harus transit di Samarinda. Sebab terlebih dulu menggunakan transportasi sungai (kapal).

Sementara Panitia Provinsi Peda X KTNA dengan kekuatan 36 orang sudah terlebih dulu tiba di Berau, Rabu (17/7/2019) dini hari melalui jalur darat setelah pagi sebelumnya dilepas Ketua Pantia Provinsi H Ibrahim dan langsung menempati pemondokkan. "Jarak tempuh kita dari ibukota provinsi sudah mencapai ratusan kilometer. Waktu tempuh kami saja sekitar 12 hingga 15 jam," ungkap Uri.

Ditambahkannya, Peda X KTNA akan dibuka Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor. Diawali rembuk madya dan rembuk utama yang dibuka Bupati Berau H Muharram pada 18 - 19 Juli 2019.

Panitia daerah sudah mempersiapkan 330 rumah untuk pemondokkan 2.045 peserta Peda X KTNA. Perhelatanan 20-25 Juli ini dipusatkan di dua desa yakni Kampung Labanan Jaya dan Labanan Makmur Kecamatan Teluk Bayur Kabupaten Berau.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait