Puncak Bulbak, Penghargaan Stand Expo dan Kontes Ternak

SAMARINDA – Puncak pelaksanaan bulan bhakti (Bulbak) Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Tahun 2019, Dinas PKH memberikan penghargaan bagi pemenang stand expo terbaik dan kontes ternak.

Menurut Kepala Dinas PKH Kaltim Dadang Sudarya, pelaksanaan Expo Bulbak dan kontes ternak rutin dilaksanakan setiap tiga tahun sekali. Namun, kedepan akan dipercepat atau dua tahun sekali.

“Sesuai keinginan Wakil Gubernur Kaltim, Bapak Hadi Mulyadi maka kita akan melaksanakan Bulbak dan kontes ternak setiap dua tahun sekali. Biasanya tiga tahun sekali,” ujar Dadang di Halaman Parkir Wisma Atlet Stadion Madya Sempaja Samarinda, Sabtu (12/10/2019).

Dalam pelaksanaan tahun ini, lanjutnya, Dinas PKH tetap melaksanakan penilaian kepada stand expo. Juga, menggelar kontes ternak, pemberian penghargaan kepada kelompok dan petugas berprestasi serta perusahaan.

Stand expo diungkapkan Dadang, untuk penilaian dari juara utama hingga harapan. Untuk juara pertama, kedua dan ketiga diraih stand PT Japfa Comfeed, Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) dan Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim.

Sedangkan juara Harapan satu, kedua dan ketiga masing-masing diperolehDinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Berau, Fakultas Pertanian Jurusan Peternakan Universitas Mulawarman Samarinda dan Bank Indonesia.

Sementara juara kontes ternak dibagi empat kategori. Untuk kategori sapi extreme (persilangan) juara satu, dua dan tiga diraih Byson (milik Eko Elyas/Samarinda), Bagong (Muhammad  Sidik/Balikpapan) dan Pahing (Subroto/Samarinda).

Kategori penjantan Sapi Bali juara satu, dua dan tiga masing-masing diperoleh Blacky (Misno/Samarinda), Kentung (Mispong/Balikpapan) dan Malim (Jumarang/Paser). Kategori calon indukan Sapi Bali terdiri Doranga (Thalib/Bontang), Muti (Mispong/Balikpapan) dan Nona (Widarsono/Paser).

“Kategori indukan Sapi Bali dimenangkan Legi milik Subroto dari Samarinda, Simanis milik Anas dari Bontang dan Juminten milik Kasmidi dari Bontang,” sebut Dadang.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation