Puncak Kapsul Waktu di Kaltim Bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda

Puncak Kapsul Waktu di Kaltim Bertepatan dengan Peringatan Sumpah Pemuda

 

SAMARINDA - Puncak Ekspedisi Gerakan Nasional Kapsul Waktu Indonesia Merdeka direncanakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2015 di Komplek Stadion Madya Sempaja Samarinda.

Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akan didaulat menyampaikan  tujuh aspirasi masyarakat Kaltim yang merupakan hasil seminar,  tentang mimpi masyarakat dari daerah ini hingga 2085.

“Karena itu, pada 8 September ini Pemprov Kaltim bersama panitia daerah ekspedisi G70 Kapsul Waktu akan mengikuti rapat koordinasi bersama Sekretaris Negara (Setneg) untuk sinkronisasi pelaksanaan kegiatan tersebut. Sesuai jadwal, kedatangan Kapsul Waktu di Samarinda, bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda,” kata Asisten Administrasi Umum Setprov Kaltim Meiliana usai memimpin rapat koordinasi Ekspedisi G70 Kapsul Waktu di Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (1/8).

Seminar rencananya digelar awal Oktober ini dengan menghadirkan narasumber tdari Jakarta yang mengetahui kondisi geografis Kaltim, sehingga apa yang menjadi aspirasi dari tujuh mimpi masyarakat dapat diputuskan saat seminar tersebut, kemudian akan dimasukkan dalam Kapsul Waktu. 

Seminar akan dihadiri 300 orang yang terdiri dari unsur pemerintah provinsi, kabupaten/kota, tokoh agama, masyarakat, politikus, pemuda dan organisasi masyarakat.  Direncanakan, sebelum pelaksanaan puncak acara tersebut, rombongan Kapsul Waktu yang merupakan tim nasional dari pemerintah pusat akan masuk ke Kaltim pada 26 Oktober 2016 yang dimulai dari perbatasan Kalimantan Selatan-Kaltim, di Kabupaten Paser.

“Rute yang akan dilintasi setelah dari Kabupaten Paser, yakni ke Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), Balikpapan, Kutai Kartanegara, Samarinda, Bontang, Kutai Timur dan Berau yang diperkirakan tiba di Berau 31 Oktober 2015. Selanjutnya Kapsul Waktu melanjutkan perjalanan ke Kalimantan Utara,” jelasnya.

Puncak pelaksanaan di Samarinda, selain menyambut rombongan Kapsul Waktu, masyarakat ibukota provinsi akan dihibur artis ibukota, konvoi mobil dan motor gede, ekpose komunitas, pergelaran budaya dan diharapkan bisa dihadiri oleh 1.000 orang, bazaar dan wisata kuliner, serta penyampaian tujuh mimpi aspirasi masyarakat yang disampaikan Gubernur Kaltim di hadapan Timnas Kapsul Waktu.

“Direncanakan puncak Kapsul Waktu di Samarinda dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nachrowi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Muljono,” katanya. (jay/sul/es/hmsprov).

Berita Terkait