Kalimantan Timur
Puncak Peringatan HANI Tahun 2020, Gubernur Kagumi Bareta

Foto : Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi saat mengunjungi sejumlah fasilitas bagi para klien BNN di Bareta. (adi suseno/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim H Isran Noor dan Wakil Gubernur H Hadi Mulyadi menghadiri Puncak Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) Tahun 2020 di Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah (Bareta) Jalan Poros Samarinda - Bontang KM 6 Samarinda Utara, Jumat (26/6). 

Kedatangan kedua petinggi Benua Etam di Bareta disambut Kepala BNNP Kaltim Brigjen Pol Drs Iman Sumantri didampingi Kepala Balai Rehabilitasi BNN Tanah Merah Dr Bina Ampera Bukit.


Selanjutnya, kegiatan diawali peninjauan kawasan Bareta oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim bersama jajaran Forkopimda dan BNNP Kaltim diikuti para undangan Peringatan Hari Anti Narkotika Internasional 2020. 

 

Kunjungan dilakukan di ruang tindakan utama pasien baru datang, ruang tindakan UGD sekaligus meninjau hasil karya/kreatifitas kerajinan tangan, hasil olahan makanan dan budidaya tanaman para klien Bareta serta Bareta Bird Farm (Love Bird dan Merpati). 

Peninjauan berlanjut ke Ruang Rehab Female (ruang rehabilitasi wanita) dan Adolescent (ruang rahabilitasi remaja) serta ruang rehabilitasi dewasa selesai menjalani masa rehabilitasi (re-entry), tempat budidaya lebah madu kelulut dan kandang budidaya ayam kalkun.

 

Keberadaan fasilitas berupa balai rehabilitasi bagi Gubernur Isran Noor, sangat penting, terutama dalam upaya menyembuhkan para pecandu narkoba di Kaltim bahkan Indonesia. Diakuinya, bahwa ini adalah kunjungan pertamakali dirinya ke Bareta. 

"Bagus ini. Fasilitasnya mengalahi hotel. Dan 66 orang yang direhabilitasi benar-benar dibina dan disembuhkan. Itu tadi, sudah ada yang mau dipulangkan. Mereka selain disembuhkan dari sakitnya, juga dididik dan dilatih keterampilan dan kemampuan usaha. Ini upaya yang luar biasa," kata Isran Noor.

 

Diungkapkannya, Bareta milik BNNP Kaltim merupakan salah satu dari tiga balai rehabilitasi di Indonesia, selain Lido di Bogor Jawa Barat dan Baddoka di Sulawesi Selatan. Karenanya, Pemprov Kaltim sangat menaruh perhatian atas keberadaan, kegiatan dan upaya jajaran Bareta menyembuhkan dan membina klien (pecandu narkoba). 

 

Peringatan HANI kali ini bertema Hidup 100 % di Era New Normal. Sadar, Sehat, Produktif, dan Bahagia Tanpa Narkoba, dipimpin langsung Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara virtual dari Istana Wapres RI Jakarta. Hadir Kepala BNN Brigjen Pol Heru Pranoto dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Men PANRB) Tjahyo Kumolo. Serta jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga/kementerian.

Puncak peringatan HANI 202O di Ruang Serbaguna Bareta dihadiri Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, Kapolresta Samarinda Kombes Pol Arif Budiman, pimpinan organisasi perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim dan instansi vertikal serta jajaran BNNP Kaltim. (yans/sul/humasprov kaltim) 

Berita Terkait