Purwanto: Persiapan Sudah 90 Persen

Pekan Daerah KTNA -VIII Kaltim Akan Dibuka Hatta Rajasa


SAMARINDA - Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) VIII  yang akan digelar pada 7-10 Juni mendatang dipastikan semarak. Selain dihadiri 2.500 petani dari 14 kabupaten dan kota  se-Kaltim, acara yang akan dipusatkan di Stadion Madya Sempaja Samarinda ini  akan dibuka  Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Hatta Radjasa yang merupakan Ketua Dewan Pembina KTNA Nasional.  
Sekretaris Umum Panitia Peda KTNA VIII Kaltim, Purwanto menjelaskan saat ini persiapan sudah mencapai 90 persen. Sedangkan informasi  pejabat pusat lain yang akan juga hadir, diantaranya Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan dan  Ketua KTNA Pusat  Winarno Tohir.  
Sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan antaralain gelar teknologi pertanian dengan tampilan teknologi baru, seminar dan diskusi serta  pameran pertanian dan  temu wicara antara petani nelayan dengan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.   
"Kami berharap masyarakat ikut menyukseskan Peda. Masyarakat juga bisa menyaksikan kegiatan maupun pameran teknologi pertanian  14 stand  dari instansi pemerintah maupun UKM tanpa dipungut biaya alias gratis," jelasnya.  
Menurut dia, Peda ini juga untuk persiapan  Pekan Nasional (Penas) KTNA yang akan dilaksanakan di Malang, Jawa Timur pada 2014. "Peserta terbaik pada Peda nantinya berhak mewakili Kaltim untuk mengikuti Penas," jelasnya.  
Dijelaskan, pada 6 Juni para peserta dipastikan sudah hadir dan akan menginap di Hotel Atlet maupun Gedung Puslatda. Akomodasi dan konsumsi peserta  ditanggung panitia.   
Purwanto menambahkan, Peda memiliki tujuan menggali teknologi lokal, sekaligus  sebagai upaya untuk mengetahui kemampuan dan prakarsa terhadap pengembangan teknologi pertanian.  
Peda juga akan menjadi media untuk mempromosikan dan memasarkan produk dan sarana produksi yang menguntungkan konsumen, selain tujuan penting lainnya untuk memupuk semangat kekeluargaan dan keakraban para petani dan nelayan di Kaltim.     
Di arena Peda khususnya pada 9 Juni akan digelar peragaan pengolahan pangan non  beras  dan  pembuatan agensia hayati dan bio pestisida, pengolahan hasil perikanan, top working tanaman buah, lomba memipil jagung, menangkap belut dan kepiting plus mengikat,  merangkai bunga dan buah serta lomba mengupas kelapa.    
"Sedangkan babak penyisihan asah terampil akan dilaksanakan pada 8 Juni dan babak final, 9 Juni di panggung utama Hotel Atlit.  Lomba ini dipastikan  seru, sebab selain menampilkan kebolehan para petani, juga akan mendapat  dukungan supoter dari masing-masing daerah," demikian Purwanto. (sar/hmsprov).

///FOTO : Salah satu Demplot yang ditampilkan pada Penas XIII di Kota Tenggarong. Sejumlah demplot petanian juga akan ditampilkan pada Peda VIII yang dipusatkan di Stadion Madya Sempaja Samarinda.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait