Kalimantan Timur
Pusat Diminta Tangani Banjir Samarinda

foto:yuvita/humasprovkaltim

SAMARINDA - Masalah banjir  di Samarinda tetap menjadi prioritas pembangunan daerah atau Pemprov Kaltim. Sebagai Ibu Kota Provinsi, maka sudah sewajarnya Kota Samarinda dibantu. Hanya saja, pada 2022 mendatang, Pemprov Kaltim mengusulkan agar penanganan banjir Kota Samarinda diselesaikan oleh Pemerintah Pusat, terutama dalam penanganan infrastruktur fisiknya.

"Rencana kita, Pemprov Kaltim mengusulkan penanganan banjir Samarinda bisa diselesaikan Pemerintah Pusat. Apalagi, Samarinda juga bagian dari Kota Penyanggah Ibu Kota Negara baru," kata Wagub Kaltim H Hadi Mulyadi ketika Musrenbang Perubahan RPJMD Provinsi Kaltim 2019-2023 dan RKPD Provinsi Kaltim 2022 di Pendopo Odah Etam, Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Jalan Gajah Mada Samarinda, Kamis (22/4).

Menurut Hadi, apabila usulan itu disetujui di pusat, maka Pemprov Kaltim mengalihkan ke alokasi lainnya yang juga prioritas. Bahkan, untuk bantuan keuangan terbesar dari Pemprov Kaltim adalah Kota Samarinda pada 2021, yaitu sekitar kurang lebih Rp400 miliar.

Artinya, semua dana yang dialokasikan Pemprov Kaltim tentu memiliki rencana program prioritas. Karena itu, semua usulan akan direkap dan dievaluasi. Misal, DPRD Provinsi saja menyampaikan pokok pikiran hingga 5.000 lebih.

"Jadi, pasti ada skala prioritas setiap anggaran yang dialokasikan. Selanjutnya, kami akan tanya kembali daerah mana saja yang diprioritaskan. Misal, penanganan banjir di Samarinda tetap menjadi prioritas provinsi dan diusulkan ke pusat," tegasnya.(jay/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait