Pusat Sains Daerah Pacu Generasi Inovatif

 

SAMARINDA - Gedung Education Centre dan Pusat Sains Daerah Kaltim diresmikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak di Gedung Utama atau Ballroom Education Centre Kaltim, Jalan PM Noor Samarinda, Selasa (24/10). Terkhusus dengan adanya pusat sains daerah Awang meminta dapat meningkatkan kualitas pengetahuan SDM daerah. Sehingga SDM di Kaltim mulai pendidikan anak usia dini hingga perguruan tinggi semakin berinovasi.

 

Bahkan, pengembangan pusat ini dapat didukung melalui penelitian yang dihasilkan para akademisi di Kaltim. "Saya yakin SDM Kaltim akan semakin berkualitas dan memiliki inovasi tinggi dalam mendukung pembangunan daerah. Karena, adanya pusat sains daerah juga bertujuan mendukung SDM untuk memiliki kemampuan iptek dan inovasi yang tinggi. Sehingga mampu bersaing dengan daerah lain maupun bangsa lain," kata Awang Faroek Ishak.

 

Awang mengatakan dengan adanya pusat ini juga dapat meningkatkan motivasi dan antusiasme masyarakat terhadap Iptek. Khususnya minat kalangan pelajar dan generasi muda terhadap Iptek. "Kami bersyukur dan berterima kasih. Karena Kemenristek Dikti telah mendukung pengembangan pusat sains daerah ini. Terutama dalam memfasilitasi adanya bantuan peralatan peraga berupa hibah sebanyak 18 unit alat peraga Iptek," jelasnya.

 

Direktur Pusat Peragaan Iptek Kemenristek Dikti M Syachrial Annas mengatakan tempat ini sebagai wahana pembudayaan Iptek melalui pendidikan non formal untuk meningkatkan pemahaman dan memotivasi pemuda. Mulai dari usia dini hingga perguruan tinggi melalui peragaan interaktif.

 

Kemenristek dalam mendukung pusat ini memberikan bantuan, yaitu alat peraga menurun ke atas, katrol, halilintar, bola listrik, gyro extreem, tebak tanggal lahir, harpa tanpa dawai, ilusi dinding cafe, kaleidoskop, menara hanoi, tangram, penjumlahan segitiga, cincin bermusuhan, magnet bermusuhan, patok pengukur luas, film kartun, meja lensa dan batrai tangan. "Pusat sains daerah di Kaltim merupakan yang ke-23 di Indonesia yang dikembangkan Kemenristek Dikti. Semoga ini bermanfaat dan mendukung para pemuda untuk berinovasi," jelasnya. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait