Pusdalops Kaltim Didukung Peralatan Komunikasi Canggih

SAMARINDA - Kepala Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim H Wahyu Widhi Heranata mengatakan, keberadaan Pusat Pengendalian Operasi Penangulangan Bencana (Pusdalops- PB) di Kaltim terus diioptimalkan dengan dukungan  peralatan  komunikasi yang canggih, sehingga saat terjadi bencana, laporan bisa langsung disampaikan kepada  Presiden, Gubernur dan Badan Nasional Penangulangan Bencana (BNPB).
"Target kami kinerja Pusdalops Kaltim mampu menyamai Pudalops BNPB yang mampu mengumpulkan, pengolahan serta analisis dan penyajian data, serta operasional penangulangan bencana pada tahap prabencana juga saat tanggap darurat dan pascabencana secara cepat dan akurat ," kata Wahyu Widhi Heranata di sela-sela melihat langsung ruang Pusdalops BNPB di Jakarta, Senin lalu.
 Dijelaskan, Pusdalops PB perlu dukungan dari semua pihak/unsur PB baik Pemerintah, Masyarakat & Swasta, sehingga proses PB dapat berdayaguna dan berhasilguna.
"Pusdalops dengan tugas pokok bekerja secara cepat, tepat, akurat, kordinatif, koperatif, transparan serta akuntabel," ujarnya..
Dijelaskan, sebelum terjadi bencana, tugas pokok Pusdalops adalah memberikan dukungan dalam pengumpulan, mengolah, penyaji data dan informasi kebencanaan secara rutin dan saat bencana juga memberikan dukungan pada Posko tanggap darurat untuk melaksanakan  kegiatan darurat.
Sedangkam pada pasca bencana, Pusdalops  memberikan dukungan dalam bentuk penyediaan data dan informasi khususnya pada pelaksanaan rehabilitasi dan kontruksi. Pusdalops juga bertugas menerima, mengolah dan mendistribusikan berbagai informasi kebencanaan agar penanganan tanggap darurat dapat dilakukan secara cepat, tepat, efisien dan efektif dengan koordinasi, komunikasi dan sinkronisasi yang baik.(sar/hmsprov).

Berita Terkait