PWI Gelar UKW 356 Angkatan

Penutupan UKW.(yuvita/humasprov)

SAMARINDA - Dalam kurun waktu tujuh tahun atau terhitung sejak 2012 - 2018, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) telah menggelar uji kompetensi wartawan (UKW) sebanyak 356 angkatan. Jumlah itu disebutkan Ketua Departemen Seni dan Kebudayaan PWI Pusat, yang juga penguji UKW, Ramon Damora pada penutupan UKW Tahun 2018 di Ruang Tepian 2 Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (15/11).

Dari UKW sebanyak itu lanjutnya, telah mampu menghasilkan 9.919 wartawan bersertifikasi kompeten di berbagai daerah di seluruh Indonesia. "Total 9.919 wartawan berkompeten itu sudah termasuk 20 orang yang telah mengikuti UKW Angkatan ke-14 di Kaltim kali ini," sebutnya.

Profesionalisme menurut Ramon, bukanlah harga mati tetapi harga hidup yang harus terus menerus diasah dan ditingkatkan. "Profesi jurnalistik terkait pengetahuan dan keterampilan. Jadi wartawan jangan pernah ada kata berhenti tetap terus belajar mengasah dan menempa diri," jelasnya.

Sementara itu Kasubbag Internal dan Eksternal Biro Humas Setdaprov Kaltim Andik Riyanto mengungkapkan UKW yang dilaksanakan sebagai bentuk dukungan Pemprov agar tercipta jurnalis yang profesional. "Kami sangat memperhatikan kinerja wartawan. Terutama dalam upaya bersama meningkatkan kualitas dan kompetensi kuli tinta di Benua Etam Khususnya wartawan yang beretika dan profesional," ujarnya.

Dirinya sangat berharap kerja sama Pemprov termasuk kabupaten dan kota dengan PWI terus berlanjut dalam sinergitas pemerintah dengan media massa sebagai mitra strategis dalam percepatan pembangunan. (yans/sul/ri/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation