Rahim Dinata, RSUD AWS Uji Coba BPJS Online Pasien Rawat Jalan

Rahim Dinata, RSUD AWS Uji Coba BPJS Online Pasien Rawat Jalan 

 

SAMARINDA - Inovasi terus dilakukan jajaran Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie (RSUD AWS) Samarinda. Inovasi terbaru yang diluncurkan adalah adalah BPJS Online. Layanan ini dibuat demi percepatan pelayanan pasien rawat jalan. Direktur RSUD AWS Samarinda dr Rachim Dinata Marsidi didampingi Kepala Divisi Humas RSUD AWS, dr Satrio  mengungkapkan BPJS Online dioperasikan sejak akhir Oktober 2017 lalu.

 

Layanan ini setidaknya memberi dua manfaat, yakni memangkas antrian untuk pengambilan nomor  dan antrian di ruang BPJS untuk mengambil print out surat jaminan pelayanan/SEP ( Surat Elegibilitas Peserta) pada Klinik Spesialis yang dituju. "Layanan ini adalah bagian dari inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna BPJS," kata Rachim Dinata, Senin (13/11).

 

Secara langsung layanan ini sangat membantu pasien. Mereka tidak perlu antri sejak subuh, meski loket buka sekitar pukul 07.00 Wita. Mereka bisa langsung antri di poly tanpa mengantri lagi. "BPJS Online  mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran dan tidak perlu lagi antri hanya untuk mendaftar. Pasien dan keluaga pasien bisa langsung ke klinik tujuan," ujarnya. 

 

Dikatakan, pasien BPJS  yang biasa mendaftar di RSUD AWS berkisar  700 sampai dengan  800 orang  perhari  atau sekitar  90 persen dari keseluruhan pasien yang berobat di AWS Samarinda. Jumlah itu tentunya  akan menciptakan antrian panjang.  Rachim mengakui, inovasi baru ini memang masih belum banyak diketahui masyarakat. Karena itu sosialisasi akan terus dilakukan. "Sekarang ini BPJS Online sudah berjalan, silahkan dimanfaatkan. Kami akan terus sosialisasikan agar layanan ini lebih dikenal masyarakat," kata Rachim. Sebagai informasi terkait BPJS  Online ini bisa dilihat di www.rsudaws.co.id, termasuk untuk proses pendaftaran online. (mar/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait