Raker Kehumasan Kaltim Hasilkan Empat Rekomendasi


TENGGARONG – Rapat Kerja Kehumasan 2016 yang berlangsung di Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, menghasilkan empat rekomendasi yang bertujuan meningkatkan kinerja dan sinergitas jajaran Humas di kabupaten dan kota di Kaltim.

Dengan empat rekomendasi tersebut diharapkan, kinerja jajaran Humas di Kaltim kian membaik, terutama yang berkaitan penyampaian informasi tentang pembangunan daerah yang transparan, sesuai dengan UU Keterbukaan Informasi Publik.

“Empat rekomendasi ini merupakan hasil Raker Kehumasan, yang merupakan kesepakatan bersama untuk meningkatkan kinerja jajaran Humas di daerah ini,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim, Tri Murti Rahayu, di sela-sela Raker Kehumasan yang dibuka Asisten I Setprov Kaltim, Meiliana, di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Kukar, Minggu malam (17/4).

Dia menyebutkan, sejumlah rekomendasi tersebut, yakni peningkatan sinergitas atau kerjasama jajaran Humas di 10 kabupaten dan kota di Kaltim yang diwujudkan. Salah satunya dengan pemanfaatan Koran Elektronik, melalui Website Pemprov Kaltim, dengan alamat www. kaltimprov.go.id  sebagaiman yang sudah berjalan dalam beberapa waktu  ini.

Selanjutnya mengoptimalkan pemanfaatan media sosial dalam mendisiminasi berbagai informasi kebijakan pemerintah daerah. Dengan harapan berbagai kegiatan pembangunan di 10 kabupaten/kota bisa disampaikan, melalui sejumlah media sosial yang berkembang saat ini agar tepat sasaran.

Kemudian, rekomendasi ketiga adalah peningkatan sumber daya aparatur kehumasan, melalui berbagai kegiatan, antara lain berupa bimbingan teknik  jurnalistik, terutama yang terkait dengan kegiatan Anugrah Media Humas (AMH).

“Pelatihan ini  diharapkan bisa difasilitasi oleh pihak ketiga, terutama yang berkaitan dengan pendanaan, sehingga teman-teman Humas di kabupaten/kota dapat meningkatkan kualitas kerja dan pengetahuan serta lebih profesional dalam menjalankan tugas,” kata Tri Murti Rahayu.

Rekomendasi ke empat, adalah tentang penentuan tuan rumah Raker Kehumasan 2017. Dalam pertemuan tersebut disepakati Kota Bontang sebagai penyelenggara Raker tahun depan yang disetujui oleh semua peserta.

Sementara itu, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang disampaikan Meiliana mengatakan, peran Humas saat ini kian berat, dengan berbagai tantangan penyebaran informasi yang begitu cepat bahkan terkesan tidak terkendali, seiring dengan kemajuan teknologi informasi.

Kondisi itu, membuat jajaran Humas sebagai salah satu corong pemerintah untuk bergerak cepat untuk menangkal berbagai informasi yang kurang tepat terkait dengan pembangunan daerah, sehingga tidak berdampak buruk bagi kepercayaan masyarakat.

“Aparatur Humas saat ini, dituntut kerja cepat, cerdas dan tepat untuk mengimbangi berbagai infomasi yang berkembang di masyarakat, seiring dengan kemajuan teknologi informasi, sehingga informasi tentang kinerja pemerintah bisa disampaikan dan dimengerti dengan baik kepada publik,” ujarnya.

Dalam Raker tersebut, menghadirkan sejumlah narasumber, yakni Usman Kasong dari Kementrian Kominfo yang menyampaikan tentang berbagai hal terkait dengan lomba Anugrah Media Humas (AMH) dan Kepala Biro Umum Setprov Kaltim, S Adiyat yang berbicara tentang kerjasama jajaran Humas Kabupaten/Kota dengan Humas Pemprov Kaltim melalui Koran Elektronik.

Selain itu juga menghadirkan Hilman Fajrin dari Koran Kaltim, dengan materi tentang kemajuan dan pemanfaatan  IT untuk  penyebaran informasi yang cepat dan tepat kepada masyarakat. Selanjutnya Thanon Aria Dewangga dari Sekretariat Kabinet yang juga menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan tugas-tugas kehumasan di lingkungan Sekretariat Kabinet.

Hadir dalam pembukaan Raker tersebut, yakni Plt Sekda Kutai Kartanegara, H Marli, Kabag Humas Kukar, Dafip Haryanto, Kabag Kehumasan Setprov Kaltim, H Imanudin  dan peserta Raker yang mencapai 50 orang. (santos/humasprov

Berita Terkait
Government Public Relation