Rakernas PABMI di Kaltim, PABMI Terus Tingkatkan SDM


BALIKPAPAN - Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) diimbau terus meningkatkan kualitas SDMnya dengan menggali sebanyak mungkin ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), utamanya Iptek Gigi dan Bedah Mulut di dunia. 

Kondisinya dewasa ini ilmu pengetahuan dan teknologi terus berkembang pesat, yang jika tidak diikuti, maka PABMI akan tertinggal. 

"PABMI harus terus maju untuk mampu memberikan kontribusi positif pada masyarakat dan terhadap pembangunan nasional dan daerah, sesuai dengan profesi dan bidang tugas masing-masing," seru Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor dalam sambutan yang disampaikan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim M Jauhar Efendi saat membuka Rakernas PABMI, di Balikpapan, Jumat (20/9/2019).

Karena itu, Jauhar merasa bangga bisa hadir berkumpul dengan para Dokter Ahli Bedah Mulut Indonesia yang memegang peranan penting dalam mendukung program nasional dan daerah yaitu Program Indonesia Sehat. 

Dokter Bedah Mulut adalah dokter gigi spesialis yang menangani penyakit pada mulut, gigi, rahang, dan lidah, khususnya dengan operasi. Dokter Bedah Mulut bukan dokter biasa, karena selain memiliki latar pendidikan dokter gigi, juga spesialis di bidang ilmu bedah mulut. 

Karena itu jumlahnya masih terbilang sedikit jika dibanding dengan dokter spesialis lainnya yang ada di Tanah Air ini. 

Sementara itu, permasalahan kesehatan gigi dan mulut sebenarnya semakin bertambah menjadi persoalan kesehatan yang perlu ditangani serius. 

Misalnya kelainan pada area mulut dan rahang, seperti bibir atau langit-langit mulut yang sumbing. Tumor atau kanker dan kista seperti kanker kelenjar air liur, kanker mulut, kanker lidah, dan kista gigi maupun penyakit atau kelainan lainnya. 

Pemerintah Provinsi Kaltim, memahami dan memberi apresiasi jika cakupan bidang yang ditangani Dokter Bedah Mulut cukup luas yang tentu saja memerlukan kerja keras, perjuangan dan pengorbanan yang tidak kecil. 

"Dan, Rakernas dan Seminar Ilmiah yang digelar hari ini adalah salah satu bentuk kepedulian PABMI kepada masyaraikat, dan sebagai upaya PABMI dalam meningkatkan SDM para anggotanya," katanya.

Kegiatan dihadiri langsung Ketua PABMI drg Syafruddin, Sp.BM., Ph.D., Ketua PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia) Kolonel Purn Dr drg Hananto Seno, Sp.BM, MM (Sekretaris Dokter Kepresidenan) dan Ketua Panitia, Mayor CKM (K) drg Verawaty Mohan, Sp.BM. 

Rakernas dan seminar diikuti 650 orang Dokter spesialis bedah mulut dan dokter gigi dari seluruh Indonesia dengan narasumber dari India dan Indonesia.(jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
ASN Harus Kreatif
ASN Harus Kreatif

25 November 2017 Jam 13:30:14
Kesehatan

Pelayanan Kesehatan Semakin Merata
Pelayanan Kesehatan Semakin Merata

22 November 2013 Jam 00:00:00
Kesehatan

AWS Miliki MRI Pertama di Indonesia
AWS Miliki MRI Pertama di Indonesia

12 Maret 2014 Jam 00:00:00
Kesehatan

Government Public Relation