Rakor Evaluasi Penyelengara Dukcapil se Kaltim 2019, Sa’bani Minta Sukseskan Sensus Penduduk dan Pilkada 2020


MALANG - Dinas Kependudukan Pemberdaaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim menggelar Rapat Koordinasi Evaluasi Penyelengara Kependudukan dan Catatan Sipil Provinsi dan Kabupaten/Kota se Kalimantan Timur 2019, di Batu, Jawa Timur, Jumat (13/12/2019). 

 

Rapat ini dibuka Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Provinsi Kaltim HM Sa’bani dan diikuti perangkat daerah terkait dari kabupaten dan kota se Kaltim.

 

Plt Sekprov Kaltim HM Sa’bani mengungkapkan capaian yang sangat baik dari penyelenggaraan kependudukan dan catatan sipil (dukcapil) terkait administrasi kependudukan (Adminduk) ditingkat provinsi maupun kabupaten dan kota harus terus dipertahankan dan ditingkatkan. 

 

Capaian itu diantaranya, memfasilitasi KPUD dalam pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih pada Pemilu 2019. Cakupan akta kelahiran untuk anak umur 0-18 tahun sudah tercapai 100 persen atau melebihi target sebanyak 15 persen sesuai RPJM Nasional 2014-2019. 

 

Demikian juga perekaman KTP-el sudah mencapai 2.595.371 jiwa dari wajib KTP 2.513.369 jiwa atau sebesar 103 persen sudah di atas rata-rata nasional sebesar  98,8 persen.

 

“Berbagai capaian dan prestasi perlu terus dijaga kesinambungannya dan ditingkatkan kualitas kinerjanya. Karena akan semakin banyak lembaga yang membutuhkan data dukcapil. Untuk itu, kerja sama pemanfaatan NIK, data kependudukan dan KTP-el pada perangkat daerah di wilayah masing-masing terus dioptimalkan dalam rangka membangun brand dukcapil menjadi lebih baik,” kata Sa’bani. 

 

Sa’bani mengingatkan peserta Rakor agar mengkonsolidasikan penyelenggaraan Dukcapil untuk menyukseskan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 (SP2020). Termasuk mendukung suksesnya pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 di sembilan kabupaten dan kota se Kalimantan Timur.

 

“Teruslah berupaya memperbaiki pelayanan administrasi kependudukan melalui pengembangan berbagai inovasi khususnya di bidang pelayanan publik,” ucap Sa’bani. (her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait