Rakor Pembangunan Politeknik Energi dan Pertambangan, Kementerian ESDM Bentuk Tim Pembangunan Kampus

Suasana rapat koordinasi percepatan pembangunan Kampus PEP. (norjaya/humasprov)

SAMARINDA - Mendukung percepatan pembangunan Kampus Politeknik Energi dan Pertambangan (PEP) Samarinda. Saat ini Kementerian ESDM sudah membentuk tim pembangunan kampus tersebut. Kepala Biro Insfrastruktur Setprov Kaltim Hj Lisa Hasliana bersama Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Dwi Nugroho Hidayanto saat rapat koordinasi percepatan pembangunan Kampus PEP menyampaikan harapan Gubernur Awang Faroek Ishak agar tahun ini bisa menerima mahasiswa baru. "Pihak Kementerian ESDM sudah membentuk tim untuk  percepatan pembangunan kampus ini. Perencanaan pembangunan kampus ini sudah dibuat," kata Lisa Hasliana di Kantor Gubernur, Jumat (11/5). 

Kampus ini akan dibangun di lahan hibah eks PT Bara Insani seluas 5,1 hektar di Samarinda Seberang. Ke depan pengembangan kampus direncanakan hingga 10 hektar. Lisa mengatakan, tim juga telah mengajukan permohonan kepada Kementerian Dikti untuk pengajuan program studi kampus tersebut. Awal perencanaan pengembangan kampus akan membuka tiga program studi (Prodi), yaitu pertambangan, migas dan petrokimia dan teknik mesin. Sedangkan pembangunan fisik kampus rencana dimulai pada 2019. "Sesuai usulan Gubernur Awang Faroek Ishak, juga rencana dibuka prodi Meteorologi. Tetapi, prodi tersebut masih dikomunikasikan," jelasnya.

Sementara menunggu pembangunan fisik kampus, maka untuk mendukung penyelenggaraan proses belajar mengajar mahasiswa, rencana dari tiga prodi akan menumpang di berbagai kampus di Indonesia. Prodi Pertambangan rencana akan menggabung di Kampus Unmul. Kemudian dua prodi akan dititipkan di Kampus Cepu Jawa Tengah. Selain itu, saat ini tim bersama Pemprov Kaltim sedang mendata dosen yang siap untuk mengajar di kampus tersebut.

"Sesuai arahan Gubernur Awang Faroek Ishak, pertama ada 18 dosen yang disiapkan. Dari Tim Kampus PEP sudah ada lima dosen siap mengajar. Sedangkan proses perkuliahan Tim Kampus PEP optimis tahun ini bisa menerima mahasiswa baru. Meski proses perkuliahan sementara menumpang," jelasnya. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait