Rakornas Dimulai Sebelum Presiden


BOGOR - Meski baru akan dihadiri Presiden Joko Widodo, Selasa (4/2/2020), Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana sudah dimulai Senin (3/2/2020).

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim, Nazrin mengatakan rapat-rapat panel sudah dimulai lebih awal. Beberapa hal dibahas dalam Rakornas Penanggulangan Bencana yang tahun ini mengusung tema "Penanggulangan Bencana Urusan Bersama".

"Tadi rapat sudah membahas manajemen kebencanaan terkait SDM, sarana dan prasarana, penguatan kelembagaan, anggaran, tata kelola bencana, dan kebersamaan pemerintah (pusat dan daerah), pengusaha dan masyarakat," beber Nazrin.

Isu lain yang dibahas tentang ancaman geologi dan vulkanologi meliputi potensi bencana akibat eksploitasi sumber daya alam dan kegempaan.

Rapat juga mengupas ancaman hidrometeorologi terkait dampak bencana akibat kekeringan, kebakaran hutan dan lahan, serta perubahan iklim.

"Dalam kesempatan lain rapat juga membahas tentang bencana banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin puting beliung dan abrasi," sambung Nazrin.

Ada pula sosialisasi Katana dan edukasi kebencanaan. Pun dibahas tentang limbah. Meliputi pengawasannya, pengendalian, pemusnahan, hingga pemanfaatan limbah B3 dan non B3 (cair, padat dan gas).

"Untuk besok, (Selasa, 4 Februari 2020) dijadualkan Presiden Joko Widodo hadir untuk memberi arahan dan menganugerahkan penghargaan. Mudah-mudahan Kaltim menjadi salah satu penerima penghargaan itu," harap Nazrin yang juga menjabat Karo Ekonomi Setda Provinsi Kaltim. (sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait