Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim 2019, Senangi Tugas Perpustakaan dan Arsip

Pembukaan Rakornis Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Kaltim 2019 oleh Gubernur Isran Noor. (arif/humasprov kaltim)

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor meminta petugas penataan perpustakaan dan kearsipan menyenangi pekerjaan yang  diamanahkan kepada mereka. Dengan menyenangi pekerjaan itu, maka pelaksanaan penataan perpustakaan dan kearsipan diyakini akan berjalan baik. Apalagi,  pengelolaan perpustakaan dan kearsipan sangatlah penting dalam pemerintahan.

"Keberadaan perpustakaan dan kearsipan sangat diperlukan. Kita akan mengetahui berbagai informasi tentang apa saja. Karena itu, diperlukan jiwa yang senang dengan tugas tersebut, sehingga pekerjaan akan tertata rapi," kata Isran Noor saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Bidang Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kaltim 2019 di Grand Jatra Hotel Balikpapan, Selasa (19/2/2019).

Dengan cara senang terhadap tugas atau pekerjaan itu, diharapkan pengelolaan perpustakaan dan arsip dilakukan secara profesional.

Karena itu, baik pustakawan, arsiparis, pejabat struktural dan fungsional yang mengelola itu harus senang dan menyukai pekerjaan ini. "Bagaimana caranya, yaitu dengan tulus dan ikhlas melaksanakan tugas," jelasnya.

Dengan tulus dan ikhlas, Isran meyakini pekerjaan yang dilaksanakan para pustakawan dan arsiparis akan mendapat berkah dari Allah SWT. "Apalagi di era digital dan teknologi informasi yang semakin canggih saat ini. Tentu akan lebih mudah melaksanakannya,” jelasnya

Selain itu, Isran berpesan agar Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemprov Kaltim harus memikirkan bagaimana mengelola arsip dengan baik di masing-masing instansi.

Sebelumnya Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Aswin mengatakan kegiatan ini untuk membangun pengetahuan dan semangat para pustakawan dan arsiparis di masing-masing kabupaten/kota dan perangkat daerah. Sehingga lebih profesional dalam mengelola perpustakaan dan arsip di lingkungan instansi masing-masing.

Pelaksanaan 19-20 Februari 2019. Dilanjutkan dengan orientasi lapangan ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan  Yogyakarta. Peserta ditargetkan sebanyak 150 orang. Kegiatan juga dirangkai program Photo Challenge.

Hadir Kepala Perangkat Daerah Pemprov Kaltim, Perwakilan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten/Kota se-Kaltim, perangkat sektor di Kaltim, Kepala Pusat Pengembangan Pustakawan Perpustakaan Nasional RI Opong Sumiati dan Deputi Bidang Informasi dan Pengembangan Sistem Kearsipan Arsip Nasional RI Imam Gunarto.

Pembukaan rakornis dilakukan oleh Gubernur Kaltim Isran Noor didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kaltim HM Aswin ditandai dengan pemukulan gong. (jay/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait