Rakornis IKK LPPD 2020. Sabani Ungkapkan Kinerja Pemda Bukan Hanya Administrasi

Foto : Masdiansyah

BALIKPAPAN - Kinerja Pemerintah Provinsi Kaltim saat ini dalam penilaian yang sangat bagus dan posisi tersebut tidak saja dipertahankan. Tetapi selayaknya harus terus  ditingkatkan.

.

Hal itu ditegaskan Staf Ahli Gubernur Bidang SDA, Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat HM Sa'bani saat mewakili Gubernur Kaltim membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Tata Cara Pengisian Indikator Kinerja Kunci (IKK)Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Provinsi Kalimantan Timur dan Kabupaten/Kota Se-Kalimantan Timur Tahun 2019.

.

Rakornis diikuti 120 peserta terdiri pejabat perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim dan Tim Penyusun LPPD Kabupaten/Kota se Kaltim dilaksanakan di Mahakam Ballroom Swiss-Belhotel Balikpapan, Kamis (20/2/2020).

.

Lebih lanjut Sa'bani mengungkapkan bagaimana penyelenggaraan pemerintah daerah. Apalagi, saat ini prestasi Kaltim pada posisi nilai yang sangat tinggi. 

.

"Itu wajar saja. Sebab itu sesuatu yang harus kita lakukan bukan sesuatu yang dikejar-kejar. Tapi kewajiban kita agar selalu baik berkaitan bagus tidaknya kinerja pemerintahan di daerah ini," katanya.

.

Selain itu, kinerja pemerintahan daerah tidak hanya administrasi semata. Tapi, juga berkaitan dengan peningkatan pendapatan dan penggalian potensi sumber ekonomi serta banyak hal lainnya terkait hajat hidup orang banyak

.

"Itu terkait semua tata kelola, pengolahan dan aktivitas lainnya yang bisa dilakukan pemerintah daerah. Untuk memajukan daerahnya sekaligus menyejahterakan rakyatnya," jelas Sa'bani.

.

Sa'bani sangat berharap kabupaten dan kota di Kaltim yang ada sepuluh daerah dengan berbagai perbedaan kapasitas masing-masing mampu menyamakan persepsi satu sama yang lain terkait kemampuan kinerja pemerintahan daerah. 

.

Terlebih untuk provinsi maka agregasi dari kabupaten dan kota. Kalau kabupaten dan kotanya tidak menyusun dengan baik maka nilai provinsi pun akan turun. Demikian pula sebaliknya.

.

"Harapannya, IKK itu, mereka bisa mengukur dengan tepat apa sih yang bisa dilakukan untuk perbaikan kedepannya kinerja pemerintahan daerah di Kaltim," harap Sa'bani.

.

Sementara Kepala Biro PPOD Setdaprov Kaltim Deni Sutrisno mengemukakan Rakornis ini ingin mencapai terlaksananya diseminasi dan informasi yang efektif sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas penyusunan data dan IKK LPPD Tahun 2019.

.

"Melalui Rakornis ini maka tersinerginya pandangan dan pemahaman serta persepsi terkait penyusunan LPPD provinsi maupun kabupaten dan kota di Kaltim semakin lebih baik," ujar Deni.

.

Kegiatan satu hari yang digelar Biro Pemerintahan Perbatasan dan Otonomi Daerah Setdaprov Kaltim menghadirkan narasumber dari Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Kemendagri Kasubdit Wilayah I Faebudodo Hia, Kasi Evaluasi Kinerja Wilayah IA Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otonomi Daerah Parlin Jumanti Siahaan serta Analis Pemerintah Daerah Wilayah I.b Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Ditjen Otonomi Daerah Bhram Ario Adhi.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait