Rapat Paripurna Pidato Kenegaraan Presiden, Kaltim Kondusif, Pembangunan Berlanjut

Gubernur Awang Faroek Ishak (tengah) di DPRD Kaltim kemarin. (masdiansyah/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Seluruh rakyat Kaltim harus menyambut gembira dan dengan semangat yang tinggi memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan RI, sekaligus menguatkan tekad untuk bersama-sama menyukseskan pembangunan daerah agar Kaltim semakin maju dan sejahtera. Alhamdulillah Kaltim tetap kondusif dan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur telah pula sukses kita laksanakan pada 27 Juni lalu. Sementara itu pembangunan juga terlaksana dengan baik dan akan terus berlanjut pada pemerintahan yang akan datang.

Hal itu disampaikan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak saat menghadiri Rapat Paripurna Mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2018 di Gedung Utama DPRD Kaltim, Kamis (16/8).

Menurut dia, peringatan hari kemerdekaan tahun ini semakin menguatkan keyakinan bahwa bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar serta semakin terjalin kuat persatuan dan kesatuan bangsa. "Tidak benar bangsa ini akan bubar dan terjadi disintegrasi bangsa. Sebaliknya  bangsa kita menjadi semakin kuat dan bersatu. Peringatan HUT ini membuktikannya," katanya.

Awang mengungkapkan program prioritas daerah diarahkan pada peningkatan kualitas penyelengaraan pendidikan dan pelayanan kesehatan serta percepatan pengentasan kemiskinan dan pengurangan pengangguran melalui peningkatan dan perluasan kesempatan kerja juga pengembangan ekonomi kerakyatan dan kreatif.

Selain itu, melakukan percepatan transformasi ekonomi dan pemenuhan kebutuhan energi ramah lingkungan serta pengembangan agribisnis (perkebunan, pertanian, peternakan dan perikanan). Peningkatan produksi pangan guna mencapai swasembada beras, jagung dan kedelai, singkong, sapi dan ikan.

Terpenting lanjutnya, pemprov melalukan upaya peningakatan kualitas infrastruktur dasar dalam pemecahan isolusi antar wilayah serta peningkatan kualitas lingkungan hidup maupun penyelenggaraan reformasi birokrasi dan tata kelola pemerintahan. "Capaian indikator makro pembangunan telah menunjukkan perkembangan yang semakin baik seperti indeks pembangunan manusia (IPM) 75,12 atau peringkat tiga nasional," ujarnya.

Selain itu, angka kemiskinan yang terus menurun hingga capai 6,03 persen dan tingkat pengangguran yang mencapai 6,90 persen, pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tren positif 3,13 persen dan tingkat inflasi yang stabil pada angka 2,80 persen serta indeks kualitas lingkungan yang terus membaik capai 82,64.

"Keberhasilan capaian indikator makro pembangunan diberbagai bidang berkat sinergitas, koordinasi dan komunikasi yang terbangun serta tekad dan.kerja keras seluruh jajaran aparatur pemerintah daerah didukung lembaga legislatif dan rakyat Kaltim," tegas Awang Faroek.

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun didampingi Wakil Ketua Samsun dan dihadiri 14  anggota. Tampak Pj Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana dan  jajaran FKPD Kaltim, asisten, staf/tenaga ahli gubernur, kepala biro dan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Kaltim, tokoh masyarakat, pemuda dan pemuka agama, pimpinan lembaga vertikal/kementerian/lembaga, perbankan dan veteran.(yans/sul/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait