Rati Saktia Wakili Kaltim pada Duta Baca Nasional

SAMARINDA – Siswi SMA Negeri 3 Unggulan Tenggarong Rati Saktia Fitri mewakili Kaltim pada ajang pertemuan Duta Baca nasional, Oktober nanti. Rati Saktia Fitri merupakan juara pertama pada Pemilihan Duta Baca Kaltim 2013.
“Rati Saktia Fitri, menjadi juara pertama pada duta baca tingkat provinsi yang telah kami selenggarakan. Dia akan menjadi wakil Kaltim di tingkat nasional, Oktober mendatang,” kata Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti didampingi Kepala Bidang Defosit dan Akuisisi Bahan Pustaka H Sulaiman, Rabu (4/9).
Menurut dia, pemilihan duta baca merupakan kegiatan rutin tahunan sekaligus mengimplementasikan program yang dicanangkan Gubernur Awang Faroek Ishak untuk  mewujudkan Kaltim sebagai Provinsi Gemar Membaca.
Selain itu, pemilihan duta baca ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kemampuan siswa berpikir kritis dalam membaca karya tulis fiksi maupun non fiksi. Sekaligus membiasakan siswa menulis karya ilmiah melalui pembuatan resensi buku fiksi maupun non fiksi.
Sementara itu Kasubbid Pengembangan Emiliana menyebutkan pemilihan duta baca tingkat provinsi diikuti 17 peserta dari enam kabupaten dan kota se-Kaltim yang merupakan hasil seleksi dari masing-masing daerah.
“Tahun ini peserta atau daerah yang mengikutkan siswa-siswinya hanya enam kabupaten/kota saja dengan total 17 peserta. Namun, tahun depan kita akan intensifkan sosialisasi baik melalui dinas pendidikan setempat maupun langsung ke sekolah-sekolah di daerah,” ungkap Emiliana.
Secara keseluruhan akan dipilih 12 nominasi terbaik yakni juara 1, 2 dan 3 dan juara harapan 1, 2 dan 3 serta juara favorit enam orang. Selain Rati Saktia Fitri yang keluar sebagai juara pertama, posisi kedua diraih Endang Astiana  Zainal, siswi SMA Negeri 1 Nunukan dan juara ketiga, Nadya Hasnah Pratiwi, siswi SMA negeri 2 Samarinda. (yans/hmsprov).
 

Berita Terkait