Ratusan Triliun Untuk Ekonomi Makro, Isran : Kontribusi Besar, Pusat Jangan

Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi bersama jajaran PRKT dan tokoh masyarakat Kaltim (arief/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Kontribusi Kaltim terhadap ekonomi makro nasional sangat besar melalui perdagangan. Bahkan diperkirakan mencapai ratusan triliun. Sebab nilai ekspor yang langsung dihitung dari Benua Etam pada 2018 sebesar 18,6 miliar Dollars Amerika.

"Sementara nilai impor kita hanya sekitar 4 miliar Dollars Amerika. Berarti terjadi surplus sebesar 14,6 miliar Dollars," kata Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor didampingi Wakil Gubernur Hadi Mulyadi saat menerima jajaran Perkhidmatan Rakyat Kalimantan Timur (PRKT) di Ruang Rapat Gubernur Kaltim, Selasa (30/7/2019).

Menurut Isran, nilai surplus itu untuk ekspor yang dihitung langsung dari Kaltim ke luar negeri. Namun, jika dihitung dengan ekspor melalui Jakarta, Surabaya, Bitung dan Makassar serta pelabuhan daerah lainnya. Diperkirakan mencapai 12 miliar Dollar Amerika.

Apabila ditotalkan untuk 14,6 miliar Dollars (ekspor dalam Kaltim) ditambah 12 miliar Dollars (ekspor dari luar Kaltim). Maka, lanjut Isran, mencapai 26,6 miliar Dollar Amerika. "Jika dikonversi ke rupiah (nilai Rp14.000 per Dollars) mencapai Rp372,4 triliun. Itulah surplus kita untuk ekonomi makro Indonesia," sebut Isran.

Dia mengungkapkan ekspor Kaltim itu bersumber dari perdagangan sumberdaya alam, tambang batubara, minyak dan gas bumi (migas). Termasuk perdagangan komoditi lainnya seperti komoditi perkebunan dan pertanian.

"Jadi kalau kita bicara nilai kontribusi atau PDRB Kaltim ini. Sangat besar. Hampir mencapai Rp400 triliun di saat ekonomi  negara lesu. Makanya, pusat jangan lah seke-seke (pelit-bahasa daerah) dengan Kaltim," tegas Isran.

Diakhir pertemuan, kembali Gubernur Isran Noor meminta masyarakat Kaltim mendoakan dirinya bersama Wagub Hadi Mulyadi dalam memperjuangkan nasib rakyat dan Provinsi Kaltim.

Sementara Ketua PRKT Balfasyam menjelaskan tujuan kedatangan pihaknya untuk menyampaikan dukungan penuh terhadap kebijakan dan perjuangan Pemprov Kaltim dibawah kepemimpinan Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi.

Hadir para tokoh masyarakat, agama dan wanita Kaltim. Diantaranya, H Rusli, Sayid Alwi, Hamri Has, Eka Komariah Kuncoro, Sjaifuddin DJ, Safarudin, Asmuni Ali serta Dewan Pakar dan Dewan Penasehat PRKT.(yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation