Kalimantan Timur
Realisasi Distribusi Tahun Ini Harus Lebih Baik

Wagub Resmikan Peluncuran Program Raskin 2015

BALIKPAPAN - Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal meresmikan peluncuran program beras miskin (raskin) 2015 untuk 122.930 rumah tangga sasaran-penerima manfaat (RTS-PM) di seluruh wilayah Kaltim. Setiap RTS-PM akan menerima raskin 15 kg/bulan dengan harga tebus Rp1.600/kg di titik distribusi. Secara keseluruhan raskin yang disiapkan tahun ini adalah 22.127.400 kg atau sama dengan pagu tahun lalu.

"Program raskin ini disiapkan untuk saudara-saudara kita yang masih miskin. Karena itu mari bantu, agar penyaluran raskin ini tepat sasaran dan benar-benar dapat dinikmati para penerima manfaat. Tentu pemerintah akan terus melakukan upaya terbaik untuk masyarakat," kata Mukmin Faisyal saat memberi sambutan pada peluncuran program raskin 2015, di Kantor Walikota Balikpapan, Rabu (7/1).

Wagub berharap penyaluran raskin tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu. Realisasi raskin Januari - Desember 2014 sebesar 20.811.600 kg atau 94,05 persen dari pagu raskin 22.127.400 kg.

Diakuinya, masih banyak kendala untuk memenuhi pencapaian distribusi raskin hingga 100 persen. Kendala itu antara lain tingginya biaya transportasi di daerah pedalaman, khususnya Kutai Barat, Mahakam Ulu dan Kutai Timur. Kendala dimaksud baik dari gudang Bulog ke titik distribusi maupun dari titik distribusi ke titik bagi (penerima manfaat). Meski sudah ada alokasi dana melalui APBD, namun masih belum sesuai kebutuhan.

"Karena itu saya mengimbau agar kabupaten/kota bisa mengalokasikan dana pendamping untuk memenuhi subsidi ongkos angkut sehingga distribusi raskin bisa 100 persen," tegas mantan Wakil Walikota Balikpapan itu.

Selain itu, hingga saat ini masih belum ada dana talangan dari alokasi APBD kabupaten/kota untuk pembayaran harga penjualan beras miskin sehingga sangat mempengaruhi kelancaran distribusi bulan berikutnya. "Kendala geografis dan kondisi alam yang cukup berat dan sulit, seringkali menyebabkan sistem rapel dalam distribusi menjadi sulit dihindarkan," imbuh Mukmin.

Saat peluncuran program raskin kemarin, Wagub Mukmin Faisyal juga menyerahkan secara simbolis kupon raskin kepada 6 perwakilan RTS-PM di Balikpapan. Sebelumnya, Walikota Balikpapan Rizal Efendi menyebutkan untuk kota Balikpapan tahun ini raskin akan diterima 68 RTS-PM yang tersebar di 6 kecamatan dan 34 kelurahan.

Peresmian peluncuran program raskin kemarin juga dihadiri Asisten Ekonomi Pembangunan Setprov Kaltim HM Sa'bani, Kepala Itwilprov Kaltim Saduddin, Kepala BPMPD HM Jauhar Efendi dan sejumlah pejabat Perum Bulog. (sul/es/hmsprov)

///FOTO : Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal (tengah) bersama sejumlah warga penerima Raskin.(samsul/humasprov)

 

Berita Terkait