Realisasi Raskin di Kaltim Mencapai 83,26 Persen

SAMARINDA – Realisasi penyaluran beras untuk masyarakat miskin (Raskin) pada  seluruh kabupaten/kota di Kaltim sejak Januari hingga Oktober telah mencapai 83,26 persen.
Demikian dijelaskan Kepala Biro Ekonomi, H. Abu Sofyan melalui Kepala Bidang Industri dan Jasa, H. Nursigit, di ruang kerjanya, Rabu (6/11), terkait penyaluran Raskin di daerah ini.
“Realisasi Raskin hingga Oktober telah mencapai 83,26 persen. Diharapkan akan tercapai seratus persen hingga akhir Desember ini,” ujarnya. Jumlah Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) 2013 adalah 147.718 Kepala Keluarga (KK) dengan realisasi beras 18.449,4 ton.
Dijelaskan hingga Oktober realisasi Raskin tahun ini jika dibanding dengan tahun 2012 mengalami penurunan.  Jumlah RTSPM tahun 2012 mencapai 188.997 KK  menjadi 147.718 KK.
Sehingga, angka ini turun 41.297 penerima dalam 10 bulan terakhir. Dengan menurunnya angka RTSPM ini, berarti terjadi pula penurunan penyerapan Raskin di masyarakat .
Dia menyebutkan, jika setiap KK menerima 15 kilogram Raskin per bulan, maka terjadi pengurangan penyerapan Raskin mencapai 619.185 kilogram setiap bulan. Sedangkan pasokan Raskin langsung ke gudang-gudang di kabupaten/kota dengan sistem distrik, yakni di Balikpapan untuk wilayah selatan, Samarinda termasuk wilayah tengah untuk melayani Kubar, Kukar dan sekitarnya. Sedangkan  wilayah utara pasokannya melalui Gudang di Berau, Bulungan, Tarakan dan sekitarnya.
“Setiap KK penerima Raskin 15 kilogram menebus biaya Rp1.600 per kilogram. Tetapi ada juga kabupaten yang membebaskan biaya tersebut, contohnya di Kabupaten Kutai Barat dan Berau,” ujarnya.(yul/hmsprov).

///FOTO : Wagub Kaltim H Farid Wadjdy menyerahkan Raskin kepada warga yang berhak menerima beberapa waktu lalu.(dok/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation