Rekapitulasi alokasi dana transfer ke Prov Kaltim TA.2016

Rekapitulasi alokasi dana transfer ke Prov Kaltim TA.2016

DBH Pajak 2.792.761 triliun
DBH SDA 14.801.887 triliun
DAU 4.271.417 triliun
DAK Fisik 1.306.450 triliun
DAK Non Fisik 1.693.623 triliun
Dana Desa 540.799 juta
Total Rp25.444.897 triliun.

Akhir Tahun Gubernur Terima Penghargaan 

SAMARINDA - Menjelang akhir tahun ini Kaltim berhasil meraih sejumlah penghargaan nasional. Penghargaan itu mulai dari Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (LAKIP) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) serta Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD).

Ketiga penghargaan tersebut akan diterima Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak akhir tahun ini di Jakarta. Untuk KIP saja, saat ini Kaltim sudah masuk 10 besar se-Indonesia dan LPPD Kaltim berhasil masuk enam besar.

“Rencana untuk KIP besok atau hari ini akan diumumkan dan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta. Peringkat berapa Kaltim, belum dapat diketahui. Sementara, mengenai LPPD Kaltim berhasil masuk enam besar dari 34 Provinsi se-Indonesia dan diharapkan tahun ini mampu meraih tiga besar,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi saat memimpin apel pagi di Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Senin (14/12).

Rusmadi mengatakan prestasi tersebut diterima Gubernur Awang Faroek Ishak berkat kerja keras seluruh pegawai di lingkungan Pemprov Kaltim maupun Pemerintah Kabupaten/Kota.

Karena itu, Rusmadi mengajak seluruh pegawai untuk semangat dalam bekerja, sesuai dengan program yang telah dibangun selama ini. Misalnya, dalam mempercepat serapan anggaran. Diharapkan tugas dan tanggungjawab yang mempengaruhi percepatan anggaran dapat dilaksanakan dengan baik.

Senin kemarin  di Istana Negara, Gubernur Awang Faroek Ishak  telah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2016 yang selanjutnya akan diserahkan kepada SKPD terkait dan Pemerintah Kabupaten/Kota sesuai kebutuhan masing-masing.

“Saya tidak henti-hentinya mengingatkan seluruh kepala SKPD agar memberikan motivasi kepada stafnya untuk bekerja lebih baik, sehingga apa yang kita harapkan bersama dapat terwujud,” jelasnya.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setprov Kaltim HS Adiyat mengatakan akhir tahun ini merupakan bulan yang sangat membanggakan bagi masyarakat Kaltim. Karena Kaltim berhasil meraih berbagai penghargaan.

“Kita bersyukur. Meski penghargaan bukan target utama, tetapi terpenting adalah penghargaan itu mampu memberikan motivasi kepada seluruh pegawai agar 2016 dapat bekerja dan meningkatkan prestasi lebih baik,” jelasnya.

Sesuai keinginan Pemprov Kaltim agar mampu mewujudkan Kaltim Maju 2018. Pemprov Kaltim tengah membangun infrastruktur, mulai jalan tol, kereta api hingga jembatan, pelabuhan internasional, bandara hingga kawasan industri. Maka kinerja pegawai harus lebih baik di tahun selanjutnya.

Menurut Rusmadi, pembangunan yang dilakukan Pemprov Kaltim diharapkan memberikan dampak besar bagi ekonomi masyarakat. Contohnya, adanya pengembangan kawasan industri maupun kawasan ekonomi khusus.

“Melalui pengembangan kawasan tersebut diyakini mampu membuka lapangan pekerjaan yang besar bagi masyarakat. Karena itu, penghargaan yang diterima Gubernur Awang Faroek Ishak tahun ini diharapkan mampu memberikan motivasi tersendiri bagi pegawai dalam bekerja,” jelasnya.

Kepala Biro Pemerintahan Setprov Kaltim Ismiati mengatakan LPPD Kaltim masuk enam besar dan pada 16 Desember 2015 Tim Penilai Pusat LPPD akan datang ke Kaltim untuk menguji ke lapangan untuk menetapkan tiga besar sebagai daerah atau provinsi berkinerja terbaik. “Semoga Kaltim masuk tiga besar,” harapnya. (jay/sul/hmsprov)

Berita Terkait