Rekayasa Proses Kendaraan Roda Tiga

Disperindagkop-Polnes Jalin Kerjasama

SAMARINDA–Dalam rangka pemberdayaan mahasiswa di jurusan teknik maupun bengkel lokal, maka Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) UMKM Kaltim melakukan kerjasama rekayasa proses dengan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) dan dukungan PT Kaisar Motorindo.
“Kerjasama ini sudah kita lakukan selama tiga tahun ini khususnya dengan Polnes dan Kaisar Motorindo, dalam upaya pemberdayaan mahasiswa maupun bengkel melalui kegiatan rekayasa proses kendaraan bak roda tiga,”  kata Kepala Disperindagkop UMKM Kaltim HM Djaelani usai penandatanganan piagam kerjasama dengan Polnes, Sabtu (31/8).
Menurut dia, kerjasama ini sangat strategis dalam upaya meningkatkan kemampuan mahasiswa di jurusan teknik mesin. Sebab, kegiatan rekayasa proses yang dilakukan membuat kendaraan angkut bak roda tiga untuk pertanian yang tergabung dengan perkoperasian dan perdagangan.
Kendaraan bak terbuka roda tiga ini sangat membantu petani untuk kegiatan produksi dan distribusi. Selanjutnya kendaraan roda tiga dibagikan kepada para petani di pedesaan untuk mendukung tiga sektor didalamnya yakni, industri, perdagangan dan koperasi.
Sementara itu Direktur Polnes Iba Yazid mengakui kerjasama rekayasa proses yang dilakukan dengan  pemerintah dan swasta sangat mendukung pemberdayaan mahasiswa.
“Kita sangat terbantu dengan adanya kerjasama antar pihak ini. Sebab, mahasiswa dapat melakukan praktek langsung dalam menghasilkan produk yang dipakai konsumen ataupun  pengguna (swasta) untuk dipasarkan,” ujar Iba Yazid.
Sedangkan Direktur PT Kaisar Motorindo Syech Mabruri mengemukakan pihaknya terus berupaya memberikan dukungan kepada pemerintah daerah melalui kerjasama dengan instansi setempat maupun perguruan tinggi dalam pemberdayaan mahasiswa.
“Kedepan, kita akan membangun pabrik perakitan di luar Jawa dan Kaltim sudah termasuk daerah yang diprioritaskan untuk program tersebut, khususnya Balikpapan maupun Samarinda. Saat ini sedang dilakukan kajian untuk itu,” ungkap Syech Yazid.
Melalui kerjasama ini telah diproduksi kendaraan angkut bak terbuka roda tiga sebanyak 42 unit. Selanjutnya, mulai 2013 ini pihak Kaisar Motorindo hanya mendatangkan mesin, sementara perakitan dan kelengkapannya dilakukan mahasiswa jurusan teknik mesin Polnes. (yans/hmsprov)

/// SANGAT STRATEGIS. Kadis Perindagkop HM Djaelani didampingi Direktur Polnes dan Direktur Kaisar Motorindo mencoba kendaraan angkut roda tiga di Polnes Samarinda. (sarjono/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait