Remaja Harus Berperan Sukseskan Program KKB

SAMARINDA – Guna mencapai kesuksesan program Kependudukan dan Keluarga Berencana (KKB), maka peran remaja dan dewasa muda sangat penting dalam pelaksanaan di tingkat lapang di masyarakat, khususnya teman sebaya.
“Peran remaja dan dewasa muda  sangat penting dalam menggerakkan kelompok masyarakat usia muda untuk mengetahui secara jelas program KKB sebagai program prioritas pemerintah dalam pengendalian pertumbuhan dan pertambahan penduduk,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Jufri Yasin usai membuka Lomba Pidato Kependudukan 2013 di Samarinda, Sabtu (22/6).
Apalagi, pelaksanaan program KKB mencakup semua lini kehidupan masyarakat. Sehingga peran remaja dan generasi dewasa muda yang rentan terkena imbas permasalahan sosial dapat ditanggulangi dengan pengetahuan dan wawasan terhadap program nasional tersebut.
Misalnya, pemeliharaan kesehatan reproduksi sejak remaja serta pendewasaan usia perkawinan dan pencegahan penyimpangan seksualitas (seks bebas), narkotika hingga penyebaran HIV/AIDS, merokok di usia remaja serta antisipasi era globalisasi.
Pengetahuan dan kemampuan tentang KKB tersebut kemudian dilombakan dalam Lomba Pidato Kependudukan 2013.
“Tema pidato kita berikan kebebasan bagi peserta sesuai dengan pola pikirnya. Sehingga, di saat berkumpul dengan rekan sebayanya mampu menyampaikan pentingnya berperan bahkan mendukung pelaksanaan KKB guna membentuk keluarga dan generasi yang berkualitas,” ungkap Jufri Yasin.
Sementara itu Kapala Bidang Kependudukan Muhammad Hatta mengemukakan pemerintah sangat memerlukan dukungan dan peran serta para remaja dan dewasa muda untuk  menyukseskan pelaksanaan program KKB.
“Permasalahan kependudukan sudah menjadi permasalahan komplek yang harus ditanggulangi secara bersama-sama. Diantaranya peranan remaja dan generasi dewasa  muda yang memiliki pola pikir yang baik terhadap program KKB, sehingga menjadi motor penggerak di kalangan teman sebayanya,” ujar Muhammad Hatta.
Dalam Lomba Pidato Kependudukan 2013 yang digelar Perwakilan BKKBN (Badan Kependudukan dan KB Nasional) Kaltim untuk kelompok Dewasa Muda usia 20-24 tahun dijuarai Eko Deddy Novianto, juara kedua dimenangkan Setyawati Prihatini dan juara ketiga direbut Nurlaila. Sementara untuk kelompok Remaja usia 15-19 tahun diraih Fista Widowati, juara kedua diraih Ajeng Ratnawati dan juara ketiga diraih Andi Syamsiah Diana. (yans/hmsprov)

//Foto: Penampilan seorang peserta lomba pidato KB. (masdiansyah/humasprov kaltim).


 

Berita Terkait