Remaja Rentan Risiko Triad KRR

SAMARINDA – Remaja merupakan kelompok usia yang sangat rentan terhadap resiko triad (tiga masalah pokok) kesehatan reproduksi remaja (KRR),  yakni, seksualitas (pergaulan seks bebas), HIV/AIDS dan penyalahgunaan Narkotika dan obat-obatan berbahaya (Narkoba).  
“Berbagai masalah remaja khususnya Triad KRR termasuk pernikahan dini akan sangat berpengaruh terhadap prilaku remaja terutama dalam upaya mewujudkan hidup sehat,” kata Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim,  Jufri Yasin pada pelatihan Kesehatan Reproduksi Remaja bagi Konselor Sebaya di Samarinda, Selasa (2/7).  
Era globalisasi dengan segala keterbukaan informasi telah mampu mengubah cara berpikir, bersikap dan bertindak generasi muda. Langkah antisipasi pemerintah melalui BKKBN telah merumuskan kebijakan berupa Program Generasi Berencana (Genre).
Diantaranya, peningkatan kemampuan dan pengembangan diri serta pelayanan melalui pengembangan kelompok PIK (Pusat Informasi dan Konseling)  Remaja/Mahasiswa atau menjadikan remaja sebagai pengelola, pendidik dan konselor sebaya.
“Pengembangan PIK remaja/mahasiswa sebagai pola pendekatan program nasional atau program Kependudukan dan KB bagi remaja seusianya. Terutama terhindar dari permasalahan pokok remaja atau triad KRR dan pernikahan dini,” ungkap Jufri Yasin.
Sementara itu Kabid Latbang Husnul Hatimah mengemukakan pelatihan dirancang untuk mendidik dan melatih remaja menjadi Konselor Sebaya (KS), sehinga mampu menjadi narasumber sekaligus motivator bagi kelompok sebayanya pada PIK remaja.(yans/hmsprov)  

Berita Terkait
Government Public Relation