Rembug Peternakan Kaltim 2016


 

Rusmadi : Peternakan Harus Dikelola Luar Biasa

SAMARINDA – Kaltim sudah menargetkan pencapaian populasi sapi sebesar 2 Juta Ekor sebagai bentuk dukungan mewujudkan swasembada daging nasional untuk kedaulatan dan kemandirian pangan Indonesia.

Walaupun pertumbuhan dan pertambahan ternak sapi Kaltim cukup signifikan namun hingga saat ini populasi masih dalam kisaran 150.000 ekor. Karenanya, diperlukan upaya dan kerja keras serta sinergis yang luar biasa oleh seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) untuk mewujudkan program prioritas daerah tersebut.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi pada Rembug Peternakan Kaltim 2016 di Kelompok Tani Lubuk Makmur Desa Lubuk Sawah Kelurahan Mugirejo Kecamatan Sungai Pinang Samarinda, Kamis (6/10).

Menurut dia, semangat yang perlu dibangun peternak harus luar biasa sehingga mampu  meningkatkan pertambahan dan pertumbuhan ternak sapi di daerah.

“Kalau kita ingin benar-benar mewujudkan dua juta sapi Kaltim maka peternakan harus dikelola secara luar biasa. Jangan biasa-biasa saja. Terpenting lagi orientasinya komersilseperti yang dilakukan peternak selama ini,” katanya.

Rusmadi mengungkapkan dukungan dan bantuan pemerintah baik pusat maupun provinsi selama ini cukup besar hendaknya juga dibarengi dukungan kabupaten dan kota.

Target dua juta sapi lanjutnya, diyakini terwujud namun dengan komitmen dan semangat tinggi peternak khususnya terkait inovasi bibit, pakan dan tata laksana.

“Kami setelah memberikan bantuan terus berupaya meningkatkan kemampuan para peternak melalui pembinaan secara berkelanjutan. Inilah maksudnya pengelolaan peternakan harus luar biasa karena didukung dengan semangat peternak yang tinggi untuk menyukseskannya,” harap Rusmadi.

Sementara itu  Kepala Dinas Peternakan Kaltim H Dadang Sudarya mengemukakan sasaran yang ingin dicapai melalui rembug peternakan adalah lahir ide/gagasan dan inovasi yang bermuara penguatan usaha dan lembaga di bidang peternakan.

“Rembug ini bagian dari upaya bersama untuk menguatkan komitmen dalam pembangunan dan pengembvangan subsektor peternakan, khususnya mewujudkan dua juta sapi Kaltim,” ujar Dadang Sudarya.

Dia menambahkan pembangunan peternakan sudah menjadi prioritas daerah selain  untuk mewujudkan swasembada daging juga mendukung tercapainya ketahanan pangan nasional sesuai semangat kerja Presiden Joko Widodo dan Gubernur Awang Faroek Ishak  

Rembug bertema; Membangun komitmen bersama memajukan peternakan menuju kedaulatan dan kemandirian pangan dihadiri 100 pelaku peternakan terdiri petani peternak dari kelompok tani, perwakilan asosiasi di bidang usaha peternakan dan akademisi.(yans/humasprov)

Berita Terkait