Rest Area Tahura akan Menjadi Pusat Oleh-Oleh

SAMARINDA - Tempat perhentian dan peristirahatan sementara (stop over/rest area) di Jl Soekarno –Hatta,  kilometer  54, Taman Hutan Raya Bukit Soeharto, Kutai Kartanegara akan dijadikan pusat oleh-oleh khas Kaltim.   
"Tentu tidak baik jika tempat yang sudah dibangun,  dibiarkan  mubazir tidak dimanfaatkan. Lebih baik dijadikan sebagai pusat oleh-oleh. Menurut saya, tempat ini cocok karena lokasinya sangat strategis," kata Gubernur Awang Faroek Ishak, belum lama ini.
Pusat oleh-oleh itu sebaiknya menyiapkan beragam buah nusantara dan jajanan khas Kaltim serta  busana dan pakaian batik.
"Jika ingin ke Jakarta atau Surabaya maupun tempat lainnya mampir saja ke rest area  nantinya tidak akan kecewa karena oleh-oleh yang disediakan akan dikemas menarik, baik amplang maupun makanan khas Kaltim lainnya," ujar Awang berpromosi.
Disamping itu juga akan tersedia aneka buah nusantara yang dihasilkan para petani Kaltim, sehingga rest area nantinya sekaligus menjadi kawasan yang tepat untuk memasarkan produk Usaha Kecil Menengah (UKM).  
Dia juga berharap tidak ada masyarakat yang dirugikan. Masyarakat yang berjualan di sepanjang jalan tersebut tetap bisa mencari nafkah. Wisatawan akan semakin dimudahkan mencari oleh-oleh sebelum akhirnya meninggalkan Kaltim.  
"Selain bisa beristirahat untuk menghilangkan penat, mereka bisa berbelanja. Jika terwujud, tentu Kaltim akan memiliki daerah tujuan wisata baru khusus untuk memanjakan wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Kaltim," demikian Awang  Faroek Ishak.  (sar/hmsprov).

///Foto : Sejumlah kios di Rest Area Tahura Bukit Soeharto. (Ist)


 

Berita Terkait
Government Public Relation