Restorasi Sosial Libatkan Karang Taruna dan Tagana

 

SAMARINDA - Dinas Sosial Kaltim Selasa (23/5) menggelar kegiatan Penguatan Restorasi Sosial Melalui Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial di Samarinda. Kegiatan ini melibatkan 60 peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Taruna Siaga Bencana (Tagana), Karang Taruna, Organisasi Sosial, serta para tokoh masyarakat.

Sedangkan nara sumber yang dihadirkan mulai unsur TNI, Sejarawan serta internal Dinas Sosial Kaltim. Pembukaan acara dilakukan Kepala Bidang Dayasos Ayi Hikmat mewakili Kadis Sosial Kaltim Siti Rusmalia Idrus.

Dalam kesempatan tersebut, Ayi Hikmat mengatakan bahwa restorasi sosial masuk dalam salah satu Nawacita pada butir ke sembilan, yakni "Memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antar warga".

"Restorasi sosial adalah upaya yang diarahkan untuk mengembalikan atau memulihkan kondisi sosial masyarakat yang mengalami kondisi memudarnya atau melemahnya nilai-nilai luhur jati diri dan kepribadian bangsa sehingga dapat kembali pada kondisi ideal," kata Ayi.

Menurut dia kegiatan ini merupakan momen yang tepat bagi semua untuk merenungkan kembali pentingnya nilai kebersamaan yang merupakan salah satu perekat persatuan dan kesatuan dalam pembangunan.

Dikatakannya, dengan semangat restorasi sosial di masyarakat, Dinas Sosial Kaltim mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menggelorakan semangat kesetiakawanan sosial menuju masyarakat yang berkeadilan, berbudaya dan mempunyai martabat yang tinggi dalam rangka mendukung suksesnya program pembangunan Provinsi Kaltim.

"Mari bersama-sama kita berpartisipasi menuntaskan berbagai program pembangunan di Kaltim sesuai dengan profesi, bidang tugas dan kemampuan masing-masing. Tingkatkan persatuan dan kesatuan serta stabilitas keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat," harapnya. (dinsos/sul/es/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation