Reuni Akbar SMP Muhammadiyah 1 Samarinda, Sumbang Kontribusi Besar untuk Kaltim

Kepala Biro Kesra Setprov Kaltim H Elto bersama Walikota Samarinda Syaharie Jaang pada Reuni Akbar SMP Muhammadiyah 1 Samarinda. (ADI SUSENO/HUMASPROV)

 

Reuni Akbar SMP Muhammadiyah 1 Samarinda, Sumbang Kontribusi Besar untuk Kaltim

 

SAMARINDA - Kiprah Muhammadiyah dalam kontribusi membangun Bumi Etam, Kalimantan Timur tidak diragukan lagi. Beragam kebajikan secara konsisten diciptakan dan secara nyata telah menjadi bagian dari kontribusi warga Muhammadiyah untuk Kalimantan Timur. Demikian ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Setprov Kaltim H Elto  pada Reuni Akbar SMP Muhammadiyah 1 Angkatan 1976-2017 di Gedung Anggar Kaltim, Folder Air Hitam Samarinda, Minggu (28/1).

 

Secara khusus apresiasi diberikan kepada para alumni SMP Muhammadiyah 1  Samarinda yang telah berperan aktif membangun daerah dalam berbagai profesi. Sejak  angkatan pertama tahun 1976 hingga tahun 2017, SMP Muhammadiyah 1 Samarinda dinilai telah berhasil mencetak sumber daya manusia (SDM) berkualitas. Hal ini terlihat dari alumni SMP Muhammadiyah 1 Samarinda yang berhasil di berbagai pekerjaan dan profesi, mulai eksekutif, legislatif, di provinsi maupun kabupaten/kota. Alumni yang lain juga sukses sebagai pengusaha.

 

"Pemprov Kaltim bersyukur karena Muhammadiyah melalui amal usahanya, khususnya SMP Muhammadiyah 1 telah memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan bangsa dan daerah. Itulah peran Muhammadiyah dalam mendukung pemerintah," kata Gubernur. Dalam urusan pendidikan, sebut Gubernur, Muhammadiyah adalah contoh yang luar biasa. Mulai dari jenjang Taman Kanak-Kanak (TK) dan PAUD hingga Perguruan Tinggi, lembaga pendidikan Muhammadiyah selalu menjadi favorit.  

 

Selain pendidikan, amal kebajikan sepanjang masa yang konsisten dilakukan Muhammadiyah adalah bidang kesehatan. Salah satunya dengan Rumah Sakit Aisyiyah di Jalan Pangeran Hidayatullah Samarinda yang hingga saat ini banyak dimanfaatkan masyarakat untuk penanganan ibu dan anak. Hal  ini sangat membantu pemerintah untuk mendukung pelayanan kesehatan terhadap masyarakat, terutama dalam proses kelahiran dan kesehatan anak. "Kita harapkan apa yang dilakukan Muhammadiyah dapat menjadi contoh organisasi-organisasi lainnya di daerah, sehingga turut mendukung program pemerintah dalam mensejahterakan rakyat," harapnya.

 

Sementara Ketua PW Muhammadiyah Kaltim KH Siswanto Soenandar menyambut apresiasi Pemprov Kaltim dan akan menjadikan pujian ini sebagai pelecut semangat untuk berbuat lebih baik lagi untuk membantu pemerintah dan masyarakat khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan. Dijelaskan Siswanto, pengembangan bidang pendidikan terus dilakukan Muhammadiyah sebagai amal usaha. Mulai tingkat PAUD dan TK hingga perguruan tinggi. Tahun lalu bahkan Muhammadiyah telah membangun Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur (UMKT).

 

"Ini semua tidak lain adalah bentuk konsistensi Muhammadiyah dalam membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui bidang pendidikan," kata Siswanto. Reuni akbar dihadiri ribuan alumni SMP Muhammadiyah 1 Samarinda dan tokoh Muhammadiyah Kaltim H Djafar Siddiq. (jay/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation