Rita: Mendukung Penuh Pembangunan Jalan Berkualitas

Pembangunan Jalan Tol Samarinda-Baikpapan


TENGGARONG – Terhadap pembangunan jalan tol (freeway) Samarinda- Balikpapan, Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari secara tegas menyatakan dukungan. Karena Kaltim sudah selayaknya memiliki jalan berkualitas, sekelas jalan tol.
“Saya sangat mendukung pembangunan jalan tol, karena pertumbuhan ekonomi daerah yang sangat tinggi menuntut adanya ketersediaan infrastruktur yang memadai dan berkualitas,” kata Rita Widyasari di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Selasa (2/4).
Karena ujarnya, kalau ingin pembangunan daerah ini maju dan berkembang serta terciptanya sumber daya manusia  (SDM) berkualitas, ketersediaan infrastruktur yang berkualitas baik jalan maupun jembatan harus dibangun.
Pembangunan jalan tol salah satu program prioritas daerah yang harus diwujudkan dan Pemkab Kukar sudah menyusun berbagai program guna mendukung percepatan pembangunan.
Contoh lanjut Rita, pembangunan jalan bebas hambatan yang dilaksanakan di Malaysia  dengan kualitas nomor satu. Sehingga aksesibilitas antar daerah bahkan antar provinsi di negara tersebut dapat dicapai dengan cepat dan mudah.
Bahkan kebijakan negara tersebut menetapkan tidak akan membangun gedung-gedung ataupun kantor-kantor baru serta sarana dan prasarana pemerintah untuk masyarakat sebelum dibangun infrastruktur yang bagus (jalan yang berkualitas).
“Komitmen yang dibuat pemerintah Malaysia ini dapat kita contoh. Artinya pemerintah jangan dulu membangun perkatoran maupun gedung pemerintahan termasuk fasilitas masyarakat sebelum jalan-jalannya terbangun dengan baik,” jelasnya.
Karenanya pembangunan jalan tol Samarinda-Balikpapan hanya salah satu dari sekian banyak jalan-jalan yang akan dibangun pemerintah baik provinsi maupun kabupaten dan kota guna membuka isolasi daerah.
“Pembangunan jalan tol itu akan memberikan imbas yang sangat positif bagi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat. Termasuk pembangunan jalan dan jembatan di berbagai daerah lainnya sebagai upaya membuka keterisolasian serta memudahkan aksesibilitas masyarakat antar daerah,” jelas Rita Widyasari.(yans/hmsprov)

///Foto : Pembangunan jalan Tol terus berlanjut.(syaiful/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation