Rita: Penting Jaga Kesehatan Jiwa

SAMARINDA – Kesehatan rohani atau jiwa sangat penting bagi seseorang selain kesehatan jasmani. Sebab, prilaku atau kepribadian serta kestabilan diri akan terlihat dari kemampuan mengendalikan jiwa atau kesehatan jiwanya.

 “Kesehatan jiwa merupakan hal terpenting dalam hidup yang harus selalu dijaga karena berkaitan erat dengan prilaku seseorang. Peringatan Isra Mi’raj hendaknya dapat dijadikan momentum evaluasi diri, terutama memperbaiki jiwa atau rohani kita agar lebih baik,” kata Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kaltim Hj Rita Ratina Irianto dalam peringatan Isra Mi’raj dan arisan gabungan DWP Kaltim di Aula BPPMD Kaltim, Selasa (4/6).

Menurut dia, sekarang ini masyarakat dengan berbagai permasalahan yang komplek akan mempengaruhi pola pikir seseorang. Misalnya, banyaknya terjadi kasus kekerasan dalam rumah tangga dan perkelahian suami istri berujung korban jiwa.

Termasuk sering terjadi seorang ibu berani membuang anak maupun bayinya hanya karena permasalahan yang tidak sanggup dihadapi. Selain, kenakalan remaja serta meningkatnya kasus penggunaan narkoba.

“Sebagian orang memandang permasalahan itu merupakan hal yang biasa terjadi, namun kita perlu menyadari bahwa kasus-kasus itu tidak terlepas dari kesehatan jiwa yang wajib diperhatikan setiap orang agar hidup dan berprilaku yang baik, terutama dapat melaksanakan amal ibadah yang lebih berkualitas,” ujar Rita.

Terkait dengan peringatan Isra Mi’raj hendaknya dapat memacu setiap diri umat Islam khususnya anggota DWP provinsi maupun kabupaten  dan kota untuk meningkatkan ibadah sholatnya sesuai dengan makna yang terkandung dalam peristiwa besar itu.

Karenanya, sholat yang merupakan hadiah besar (mu’jizat) yang diberikan Allah kepada Rasulullah SAW  hendaknya dijadikan kebiasaan setiap diri muslim sebagai ubudiah kepada Tuhan sekaligus mengikuti sunnah Nabi Muhammad SAW.

“Melalui ibadah sholat yang menjadi kewajiban bagi diri setiap muslim maka akan mampu memeliharakan jiwa kita agar selalu bersih dan sehat. Selain  itu, utamakan menjalin tali silaturahim antar sesama anggota maupun masyarakat,” harap Rita.

Isra Mi’raj dan arisan gabungan yang dilaksanakan DWP Kaltim bersama DWP Badan Perijinan dan Penanaman Modal Daerah, DWP RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda serta DWP Dinas Kelautan dan Perikanan Kaltim diisi dengan ceramah kesehatan yang disampaikan dr Linda Novia Fitri dan dihadiri Dewan Pembina DWP Kaltim Hj Ruzaimah Farid.(yans/hmsprov)

Foto : Hj Rita Ratina Irianto

Berita Terkait