RKPD Kaltim Selaras RKP Nasional, Pembukaan Musrenbangnas 2020, Presiden Optimis Pulih dari Corona

Dok.humaskaltim

SAMARINDA - Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021 merupakan implementasi tahun ketiga Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Timur Tahun 2019-2023.

 

Ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor bahwa pembangunan Kaltim pada tahun 2021 menumbuhkan industri hilir yang mendukung ekonomi kerakyatan dan ekonomi kawasan.

 

"Pembangunan kita ini selaras dengan Rencana Kerja Pemerintah Nasional (RKPN) tahun 2021. Yakni, meningkatkan industri dan pariwisata di berbagai wilayah didukung oleh investasi," jelas Gubernur Isran Noor usai mengikuti Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2020 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2021 di Ruang Heart Of Borneo Kantor Gubernur Kaltim, Kamis (30/4).

 

Menurut Gubernur, keselarasan tema pembangunan nasional dan provinsi ini tentunya menjadi modal dasar bagi masuknya program pembangunan dan pendanaan dari pemerintah pusat ke Kaltim.

Selain melaksanakan pembangunan, perhatian Pemprov Kaltim akan diarahkan bagi tercapainya target-target pembangunan yang telah termuat dalam RPJMD Kaltim. Termasuk, program prioritas Gubernur dan Wakil Gubernur tahun 2019-2023.

 

Sementara Plt Kepala Bappeda Kaltim Iman Hidayat menyebutkan ada enam prioritas pembangunan Kaltim sesuai tertuang dalam RPJMD dan RKPD 2021. Yakni, peningkatan daya saing SDM dan tenaga kerja,  peningkatan nilai tambah dan daya saing produk komoditi unggulan daerah, penguatan konektifitas dan pemerataan pelayanan infrastruktur dasar.

Selain itu, optimalisasi sumber-sumber pendapatan daerah, penataan perizinan dan pengendalian investasi. Peningkatan kualitas pengelolaan lingkungan hidup dan penataan ruang. Peningkatan kinerja tata kelola pemerintah daerah dan pelayanan publik.

 

Musrenbangnas 2020 dan RKPD 2021 via virtual dibuka langsung Presiden Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta. Dihadiri Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan para Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga/badan/non kementerian, Panglima TNI dan Kapolri, para gubernur, bupati dan walikota se Indonesia.

Dalam arahannya, Presiden Jokowi meyakini Indonesia akan bangkit dan memiliki lompatan jauh pasca pendemi Virus Corona (Covid-19).  Dirinya optimis tahun 2021 adalah tahun recovery atau tahun pemulihan dan tahun reform (perubahan kearah lebih baik).

 

Musrenbangnas dirangkai arahan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana/Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Indonesia Doni Monardo.

 

Sementara itu hadir bersama Gubernur Kaltim pada Musrenbangnas 2020, Plt Sekdaprov Kaltim HM Sa'bani, Wakil Ketua DPRD Sigit Wibowo dan Ketua komisi III Hasan Mas"ud, Asisten Administrasi Umum HS Fathul Halim, Asisten Pereonomian dan Administrasi Pembangunan Abu Helmi dan Plt Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Jauhar Efendi, kepala biro dan pimpinan perangkat daerah lingkup Pemprov Kaltim. (yans/ri/humasprovkaltim)

Berita Terkait