Roy Suryo: Setetes Darah Sangat Berguna Bagi Sesama

-151 Pemuda Indonesia Sumbang Darah

 

SAMARINDA-Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo sebelum membuka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013 dan Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-85, melaksanakan donor darah bertempat di GOR Bulutangkis Komplek Stadion Utama Palaran, Senin (28/10).

“Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran PMI Kaltim yang melakukan bakti sosial, berupa donor darah. Tentunya kegiatan ini sangat mulia membantu sesama, sekaligus bentuk komitmen anak bangsa memberikan apa yang dimiliki untuk membantu pada sesama,” kata Menpora Roy Suryo didampinggi Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak.

Dalam kesempatan itu, Menpora juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendonorkan darah, karena setetes darah sangat berarti bagi masyarakat yang membutuhkan. Dengan aksi ini menunjukan bahwa negeri ini cinta damai dan peduli terhadap sesama, apalagi di Samarinda menurut informasi perharinya membutuhkan 1.000 kantongdarah.

“Saya sangat mengapresiasi aksi donor darah ini, apapun darah anda sangat dibutuhkan dan Kementrian Pemuda dan Olahraga akan mendukung terus kegiatan mulia seperti ini,”ujarnya.

Dia juga menyerukan dari Bumi Kaltim yang Ruhui Rahayu bersama Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, mengajak seluruh elemen masyarakat seluruh Indonesia bahkan dunia untuk menyumbangkan darah dengan tidak memandang suku atau agama maupun ras.

Aksi donor darah tersebut, diikuti sekitar 400 calon pendonor, namun hanya 151 orang yang dinyatakan memenuhi syarat.

Penanggungjawab kegiatan donor darah, dr I Nyoman Winata, SpK dari Kemenegpora menjelaskan peserta yang mendaftar 400 orang. Namun dari hasil pengujian kesehatan, hanya 129 orang yang dinyatakan layak untuk diambil darahnya.

“Banyak faktor yang memperbolehkan atau tidaknya seseorang dalam mendonorkan darah, yaitu tekanan darah, berat badan, kadar hemoglobin dan beberapa penyakit yang pernah diderita,” jelasnya.

Dalam aksi donor darah ini juga diserahkan penghargaan kepada Ni Luh Febriani Dewi sebagai pendonor darah termuda dari peserta Jambore Pemuda, yakni berusia 18 tahun.

Selain itu juga diberikan penghargaan kepada PNS dari Sekolah Khusus Olahragawan Internasional (SKOI) Kaltim,  yakni Yusuf yang telah melakukan donor 84 kali serta penghargaan kepada Aiptu Andoko dari Polsek Sungai Kunjang yang telah mendonor 106 kali. (timhumas/hmsprov)

Foto : Sebelum membuka Jambore Pemuda Indonesia (JPI) 2013, Menpora Roy Suryo menyempatkan waktu untuk melakukan donor darah. (tim liputan)

Berita Terkait