RSJD Atma Husada Mahakam Utamakan Pelayanan

Hadapi Pasar Bebas

SAMARINDA - Tuntutan masyarakat terhadap pelayanan rumah sakit saat ini semakin meningkat. Persaingan antar rumah sakit di era globalisasi dan pasar bebas saat ini pun  menuntut daya saing rumah sakit yang terus meningkat.
Demikian dikatakan Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam (AHM) Samarinda, dr Hj Fadillah Manteruna saat membuka pelatihan pelayanan Prima atau Excelen Service di aula RSJD AHM, Selasa (3/11).
"Salah satu solusi meningkatkan daya saing rumah sakit, salah satunya dengan meningkatkan daya saing pelayanan baik yang bersifat medik maupun non medik dengan mengutamakan pelayanan pelanggan," ujar Fadillah.  
Salah satu pelayanan dimaksud adalah bagaimana petugas rumah sakit memberikan pelayanan prima kepada pasien maupun keluarganya sehingga menjadi puas dan nyaman atas pelayanan rumah sakit.  
"Kalau pelanggan puas dan harapannya terpenuhi atau melebihi, maka itu merupakan salah satu indikator  keberhasilan mutu pelayanan sebuah rumah sakit," ungkapnya.
Disamping itu, ketika melayani pasien, para petugas rumah sakit harus melibatkan hati nurani dan semua panca indera. Dengan demikian akan timbul perasaan tulus ikhlas yang kemudian akan diiringi dengan  senyum, santun dan sikap yang ramah.
Pelatihan pelayanan prima bekerjasama dengan Pusat Kajian dan Pendidikan dan Pelatihan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Samarinda, diikuti sekitar 30 peserta mulai pegawai paling bawah, tenaga pengaman hingga dokter. (sar/hmsprov)
 

Berita Terkait
Government Public Relation