RSJD Atma Husada Usulkan Relokasi

SAMARINDA - Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Atma Husada Mahakam (AHM) Kaltim, Fadhilla Mante Runa merencanakan pembangunan gedung baru dan fasilitas pelayanan kesehatan pada 2016.

"Kami mengusulkan agar dilakukan relokasi RSJD AHM Kaltim pada 2016," kata Fadhilla dalam pertemuan pembahasan bersama Pemprov Kaltim yang diwakili oleh Asisten III  Bidang kesejahteraan Rakyat Setda Kaltim Bere Ali pada Senin (7/12) di kantor Gubernur Kaltim.

Fadhilla menyebutkan, dalam usulan itu disebutkan adanya kantor pengelola, ruang rawat jalan, rawat inap, instalasi gawat darurat, laboratorium, logistik, perawatan, lapangan olahraga dan gedung rehabilitasi yang bisa dimanfaatkan pasien untuk berkarya dalam hal pertukangan, produksi kerajinan tangan, bengkel las dan seni.

"Kami usulkan pembangunan gedung terapi dan rehabilitasi baru kemudian dilanjutkan dengan ketersediaan fasilitas pelayanan yang memadai," katanya.

RSJD AHM merupakan rumah sakit tipe kelas A sejak 2011 dan Rumah Sakit khusus satu-satunya di Kaltim dengan jumlah pengunjung dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan yakni untuk 2013 mencapai 11.310 pasien, 2014 terdapat 13.474 pasien dan 2015 dikunjungi 14.503 pasien.

"Kondisi saat ini, RSJD AHM memiliki jumlah tempat tidur yang tidak sebanding dengan jumlah penderita yang butuh perawatan. Pasien dirawat inap dapat mencapai 323 dari 280 tempat tidur. Padahal, idealnya dibutuhkan sedikitnya 1.256 tempat tidur. Karena kondisi lahan RSJD AHM saat ini sudah tidak bisa dikembangkan. Maka, perlu membangun RSJ selain RSJD AHM atau mengembangkan RSJD AHM pada lokasi lain yang lebih representatif," katanya.

Sementara itu, Bere Ali mengakui dengan kondisi RSJD AHM saat ini, perlu menjadi perhatian kedepan. Pasalnya, berdasarkan perhitungan kebutuhan tempat tidur bagi RSJD AHM itu idealnya 1.256 tempat tidur.

"Saat ini hanya 280 tempat tidur. Padahal, jumlah pasiennya mencapai 323 pasien sehingga overload. Karena itu, untuk permasalahan ini kami akan lakukan koordinasi lanjutan. Relokasi sudah mulai dari sekarang sudah harus dipikirkan. saya akan upayakan mendorong agar dapat terpenuhi usulan ini," katanya.  (rus/es/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation