RSJD-AHM Gelar Pelatihan Keselamatan Pasien

Menghindari Kesalahan Medis


SAMARINDA - Digelarnya pelatihan  Keselamatan Pasien (Patient Safety) di Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam (RSJD AHM) Samarinda bertujuan agar pasien lebih aman dan terhindar dari cedera akibat kesalahan atau kelalaian dalam tindakan medis.
"Pelatihan Keselamatan Pasien  bertujuan agar  pasien  merasa nyaman dan tidak terjadi cedera,  sehingga  terwujud pelayanan medis prima terbebas dari kesalahan medis baik ringan maupun berat," kata Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah Atma Husada Mahakam  (RSDJ-AHM) dr Hj Fadillah Manteruna pada Workshop Keselamatan Pasien di aula RSJD Atma Husada Mahakam,Rabu (13/3). 
Dijelaskan melalui pelatihan keselamatan pasien, akan terwujudnya rumah sakit profesional, terciptanya pelayanan andal bebas dari kesalahan medis, meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada rumah sakit dan  menurunnya kejadian yang tidak diharapkan, misalnya mal praktek.
“Dengan pelatihan ini diharapkan dokter atau  pekerja bidang kesehatan bekerja sesuai prosedur dan mampu mengantisipasi  kesalahan, karena saat ini sering terjadi dokter yang tersandung kasus karena kesalahan medis bahkan sampai ke ranah hukum,” ujarnya.
Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana Workshop Keselamatan Pasien dr Fauziah Andriyani mengatakan, kegiatan bertujuan membangun kesadaran terhadap keselamatan pasien serta terlaksananya implementasi keselamatan pasien dalam setiap kegiatan pelayanan di rumah sakit, juga meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).
“Pelatihan diikuti  36 peserta yang terdiri atas para  dokter, perawat, unit penunjang, sruktural yang akan berlangsung tiga  hari dan nantinya peserta akan mendapat standar kelulusan berupa sertifikat, dengan menghadirkan nara sumber dari Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesuia (Persi),” jelasnya.(sar/hmsprov).

///Foto : Fadillah Manteruna


 

Berita Terkait