RSUD AWS Raih Akreditasi Madya

RSUD AWS  Raih Akreditasi Madya

 

SAMARINDA - Setelah peningkatan status dari tipe B menjadi tipe A, Rumah Sakit Umum Daerah  Abdul Wahab Sjahranie (RSUD-AWS) Samarinda juga  meraih sertifikat  akreditasi Madya dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

Sertifikat tersebut diserahkan Kepala Bidang Litbang Mutu dan Resiko, Komisi Agreditasi Rumah Sakit dr Nico Lumenta,  kepada Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, kemudian  gubernur  menyerahkan kepada Direktur RSUD AWS Samarinda dr Rahim Dinata Marsidi, pada rangkaian pelantikan pimpinan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD A Wahab Sjahranie, yang berlangsung di Lamin Etam Samarinda, Selasa (10/3).

Nico Lumanta mengatakan, RSUD A Wahab Sjahranie sebelumnya sudah menjalani survei akreditasi 15 bab yang terdapat 320 standar penilaian yang bervariasi, yakni tiga 3 hingga  tujuh elemen yang totalnya  mencapai 1.237 elemen penilaian. Dari penilaian tersebut, RSUD-AWS telah memenuhi beberepa kriteria  dengan skor,   10, lima atau bisa juga sekornya nol, kemudian hasilnya dijumlahkan.

"Apalabila bisa memenuhi penilaian hingga 15 bab adalah paripurna, kalau 12 bab kriteria utama dan jika hanya delapan, masuk kriteria madya. Penilannya tergantung besarnya rumah sakit yang dinilai,” kata Nico.

Ditambahkan, RSUD AWS Samarinda sudah berjalan diatas jalur yang tepat, hanya saja masih ada beberapa standar yang belum dipenuhi,  itu yang harus dibenahi, khususnya dalam pelayanan masyarakat agar lebih baik, karena sudah berstandar internasional.

"Kendala yang dialami rumah sakit adalah sumber daya manusia dan  kompetensi kewenangan  harus memenuhi  dan sistem-sistem di dalam, karena dalam rumah sakit itu kompleks dan harus dibenahi satu persatu, mulai sistem pelayanan kliniks dan sistem manajemen," kata Nico.

Sementara, dr Rahim Dinata Marsidi mengakui masih banyak yang harus dibenahi, utamanya adalah merealisasikan keinginan gubernur Kaltim untuk menjadikan RSUD-AWS sebagai rumah sakit bertaraf internasional.  Karena itu harus memenuhi standar akreditasi yang menunjukan komitmen nyata sebuah rumah sakit untuk meningkatkan keselamatan dan kualitas asuhan pasien serta memastikan bahwa lingkungan pelayanan aman.

“Hari ini RSUD-AWS sudah mendapat akredetasi dari KARS yang berstandar international. Tetapi kita juga terus berupaya untuk memenuhi standar Joint Coomission International (JCI) yang lebih diakui dunia dan kami menargetkan dalam  dua tahun  kedepan  bisa tercapai," kata Rahim Dinata (mar/sul/es/hmsprov).

 

Berita Terkait
Government Public Relation