RSUD AWS Fokus Pada Tiga Program

Mewujudkan Masyarakat Kaltim Sehat dan Kuat

 

SAMARINDA - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie (AWS) tahun ini berupaya melaksanakan dan menyukseskan tiga program untuk meningkatkan kinerja pelayanan bagi masyarakat Tiga Program tersebut yakni mengembangkan sarana prasarana, meningkatkan kelas rumah sakit dan perningkatan layanan.   

Dengan program tersebut rumah sakit ini ikut mendorong terciptanya masyarakat Kaltim yang sehat dan kuat. Termasuk di dalamnya mengurangi keluhan masyarakat terhadap kualitas pelayanan rumah sakit pada masyarakat.

“Mengenai pengembangan sarana dan prasarana, tahun ini RSUD AWS melelang paket pekerjaan berupa pembangunan gedung baru untuk rawat inap kelas III berlantai enam dengan kapasitas 400 tempat tidur,” kata Direktur RSUD AWS dr H Ajie Syirafuddin, Rabu (30/1).

Pengembangan sarana dan prasarana ini bertujuan mendukung dan menyiapkan rumah sakit melaksanakan program Jaminan Kesehatan Semesta (Jamkesta) yang dicanangkan Gubernur Kaltim pada 2014 bagi warga Kaltim.

Karena itu, rumah sakit ini berupaya mengantisipasi pelaksanaan program tersebut, sehingga ketika telah dicanangkan sudah siap untuk menyukseskan. “Saat ini saja kami terpaksa melayani pasien di lorong-lorong kelas III, karena jumlah psien yang banyak, sementara tempatnya terbatas. Apalagi dengan diberlakukannya Jaminan Kesehatan Semesta, tentunya pelayanan terhadap pasien akan lebih banyak lagi,” jelasnya.

Pembangunan gedung baru tersebut diharapkan selesai pada 2014 dengan sistem anggaran tahun jamak, sehingga pelayanan terhadap pasien juga bisa lebih baik. Karena, jumlah ruang kelas III bertambah menjadi 800 unit. Sebab, yang telah ada saat ini mencapai 400 unit.

Selain itu, RSUD AWS juga memfokuskan pada program peningkatan pelayanan. Dengan meningkatkan akreditasi tentang tingkat pelayanan pasien, berupa akreditasi bertaraf internasional yang prosesnya masih terus dilakukan.

Selanjutnya, program yang kini dilakukan RSUD AWS adalah peningkatan status tipe B menjadi tipe A. “Kami berharap 2013 dapat diraih. Karena dengan peningkatan yang berkualitas, pelayanan juga akan lebih baik. Misalnya, biasa ada pasien yang kita rujuk ke rumah sakit yang lebih lengkap peralatannya, tetapi dengan peningkatan yang berkualitas, pasien tidak perlu dirujuk, cukup dilayani di rumah sakit ini,” jelasnya.

Dengan memfokuskan tiga program tersebut, jajaran RSUD AWS berupaya meningkatkan pelayanan yang lebih baik. Jika, pelayanan lebih baik, tentunya keluhan masyarakat berkurang.(jay/hmsprov). 

Foto : Gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjahranie yang megah tentunya dapat dimbangi dengan pelayanan maksimal kepada masyarakat.(dok/humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation