RSUD Kanujoso Perlu Dukungan APD

Foto : Ist

SAMARINDA - Tim medis Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan kekurangan alat pelindung diri (APD) dalam penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). 

 

Direktur RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dr Edy Iskandar mengatakan APD sampai saat ini memang menipis, tapi stok masih ada hingga beberapa hari kedepan.

 

“APD yang kita perlukan baju khusus, masker dan sarung tangan yang panjang. Ini tiga pokok yang diutamakan bagi dokter maupun perawat sangat membutuhkan dalam penanganan pasien Covid-19,” jelas dr Edy Iskandar di Kantor Gubernur Kaltim, Senin (23/3/2020).

 

Eddy menyambut baik ada perusahaan swasta yang punya akses mendapatkan APD untuk segera disumbangkan ke rumah sakit rujukan, terutama RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan dan RSUD AWS Samarinda.

 

Untuk pemenuhan APD, lanjur Edy, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kaltim, termasuk Dinas kesehatan Kaltim. Sementara ini guna mengantisipasi kekurangan APD, pihak rumah sakit membuat sendiri.

 

“Kita telah membuat sendiri masker. Sudah kita produksi hingga 1.500 lembar yang disebarkan ke semua karyawan rumah sakit. Juga membuat baju APD untuk dipakai petugas," tandas Edy Iskandar.(mar/her/yans/humasprovkaltim)    

Berita Terkait
Government Public Relation