Kalimantan Timur
Rumah Sakit Islam Hari Ini Kembali Beroperasi

Foto: arief/humaskaltim

SAMARINDA – Mulai Selasa (2/3/2021) Rumah Sakit Islam (RSI) Samarinda kembali beroperasi. Kepastian beroperasinya RSI Samarinda yang tutup sejak empat tahun lalu itu, disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Dr HM Jauhar Efendi usai menghadiri Rapat Paripuma Ke-4 DPRD Provinsi Kalimantan Timur di Gedung D Lantai 6 Komplek DPRD Kaltim Jalan Teuku Umar Karang Paci Samarinda, Selasa (2/3/2021). 

Menurut Jauhar, RSI Samarinda yang dikelola Yayasan Rumah Sakit Islam (Yarsi) adalah pelayanan gawat darurat, kemudian dikembangkan pembukaan klinik dan terus pelayanan lainnya secara bertahap. 

"Maklum setelah sekian tahun belum dibuka. Jadi ada persiapan-persiapan dan pelayanan secara bertahap," ujar Jauhar. 

Selain itu, jelasnya, perlu dilakukan penandatanganan kontrak karyawan dan dokter spesialis. Namun, diakuinya, semua sudah menjadi kewenangan RSI dan Yarsi yang mengaturnya.

Pemerintah Provinsi Kaltim lanjutnya, tidak terlibat dalam pengelolaan dan sifatnya mendukung RSI agar bisa melayani masyarakat. 

Diungkapkan Jauhar, beroperasinya RSI Samarinda setelah beberapa kali dilakukan pertemuan antara Pemprov Kaltim dengan Yarsi membahas tentang kesepakatan bersama. 

"Bapak Gubernur (Gubernur Kaltim Isran Noor) sudah berkomitmen mendukung RSI dan memberikan lampu hijau untuk beroperasi," ungkap Jauhar. 

Kendalanya tambah Jauhar, RSI masih perlu banyak perbaikan sebab rusak parah, sehingga perlu biaya juga perizinan (izin beroperasi) 

"Perlu persiapan matang agar pembukaan RSI bisa optimal. Terlebih saat ini dalam pandemi Covid-19. Semoga semua bisa berjalan sesuai harapan pemerintah dan masyarakat Kaltim," harap Jauhar. (yans/sdn/sul/humasprov kaltim)

Berita Terkait