Rumput Laut Dominasi Budidaya Kelautan

SAMARINDA–Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kaltim terus memberikan motivasi para pelaku budidaya kelautan untuk meningkatkan produksi budidaya kelautan khususnya petani komoditi rumput laut.

“Pemerintah terus berupaya mengembangkan dan meningkatkan budidaya laut yang lebih dominan dari komoditi rumput laut.  Saat ini produksinya sangat besar khususnya dari Kutai Timur, Berau, Bontang,  Tarakan dan Nunukan,” kata Kepala DKP Kaltim H Iwan Mulyana.

Walaupun produksinya melimpah ujar Iwan, namun komoditi rumput laut tersebut masih dijual dalam bentuk kering. Padahal, kalau petani ingin agar komoditi itu memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi maka sebaiknya harus diproses atau diolah terlebih dulu.

Misalnya saat ini berbagai produk industri pangan farmasi serta keperluan kosmetik lainnya memerlukan bahan baku berupa Tepung Karaginan. Sementara itu tepung tersebut merupakan hasil olahan dari rumput laut.

Guna  meningkatkan nilai ekonomis komoditi kelautan tersebut, maka sejak 2012 lalu DKP Kaltim telah menyalurkan bantuan untuk pembangunan pabrik pengolahan rumput laut menjadi tepung semi Karaginan di Kota Tarakan.

Menurut Iwan, pembangunan dilakukan secara bertahap yakni tahun 2012 alokasi anggaran khusus untuk pembangunan pabrik dan fasilitas pendukung laninnya. Sedangkan tahun 2013 ini diberikan bantuan untuk pembelian mesin pengolahan.

“Tahun lalu kita anggarkan sebesar Rp4 miliar untuk pembangunan pabrik dan tahun ini dilanjutkan untuk pembelian mesin sebesar Rp2 miliar. Namun, hasil pengolahan rumput laut masih berupa tepung semi Karaginan atau belum tepung halusnya,” jelas Iwan.

Ditambahkannya, untuk memproduksi tepung Karaginan maka harus ditambah satu unit mesin lagi. Karenanya, pembangunan serta kelengkapan fasilitas pabrik dilakukan secara bertahap dan diharapkan melalui kegiatan pengolahan rumput laut menjadi tepung semi Karaginan akan mampu meningkatkan penghasilan petani rumput laut. (yans/hmsprov)

Foto:  Budidaya rumput laut.(dok humasprov kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation