Rumuskan RKPD Kaltim 2014

* Rakor Perencanaan Prioritas Pembangunan  


SAMARINDA–Seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemprov Kaltim mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Perencanaan Prioritas Pembangunan dalam rangka merumuskan dan menetapkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kaltim 2014, yang dilaksanakan di ruang pertemuan Kantor Bappeda Kaltim, 18-19 Maret 2013.
Kepala Bappeda Kaltim, Dr H Rusmadi menjelaskan program prioritas pembangunan yang dimaksud adalah program-program yang terkait dan signifikan terhadap pencapaian target pembangunan.
Pertama adalah program prioritas unggulan kepala daerah, yang kemudian sudah diterjemahkan dalam RPJMD. Kedua, program prioritas yang diarahkan untuk pencapaian target  RPJMD 2013 yang belum tercapai. Dan ketiga, lanjut dia, program prioritas yang monumental, berskala besar dan bisa menjadi daya ungkit yang mendorong dan memacu tumbuhnya perekonomian dan meningkatnya pendapatan masyarakat yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.
“Contoh misalnya, untuk infrastruktur tetap menjadi prioritas pembangunan. Jalan kita bangun. Selain bisa menyerap tenaga kerja untuk pembangunan jalan, kemudian jika jalan sudah terbangun dapat dimanfaatkan untuk jasa transportasi, termasuk juga memacu tumbuhnya sektor ekonomi rakyat, serta memudahkan untuk mengangkut dan membeli bahan-bahan baku untuk keperluan masyarakat,” jelas Rusmadi, Senin (18/3).
Dikatakannya, Rakor Perencanaan Prioritas Pembangunan ini fokus untuk menetapkan program prioritas pembangunan Kaltim 2014, yang kemudian akan dibahas kembali pada forum SKPD lingkup Pemprov untuk selanjutnya dibahas pada forum Musyarawah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) provinsi.
“Selama dua hari ini kita bekerja, untuk mendapatkan program prioritas provinsi yang akan dilaksanakan di 14 kabupaten/kota. Kemudian, akan dibahas dalam forum SKPD yang dilaksanakan pada 25-26 Maret, apakah program prioritas provinsi ini menjawab persoalan-persoalan yang ada di kabupaten/kota? dan hasilnya akan dibahas kembali dalam forum Musrenbang RKPD 2014 pada 3-4 April,” katanya.
Pembahasan program prioritas ini dibagi dalam empat bidang, yaitu infrastruktur, daya saing ekonomi daerah, sumber daya manusia, pemerintahan dan aparatur. Turut hadir pada kesempatan ini, Staf Ahli bidang Pertanian, SDA dan LH Rudy T Koesnandar, Staf Ahli bidang Pemerintahan dan Polhukkam Yudha Pranoto, Staf Ahli Bidang Pendidikan Bohari Yusuf, dan Staf Ahli Bidang Kesra Prof Dwi Nugroho Hidayanto, yang juga menjadi nara sumber dalam Rakor tersebut. (her/hmsprov).

//Foto: Kepala Bappeda Kaltim, Dr H Rusmadi pada Rakor Perencanaan Prioritas Pembangunan. (heru/humasprov kaltim).
 

Berita Terkait