Rusmadi : Meski Puasa, Pelayanan Tetap Maksimal

Rusmadi : Meski Puasa, Pelayanan Tetap Maksimal

SAMARINDA
-Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi mengaku bangga dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Daerah Provinsi, dimana meskipun tengah menjalankan ibadah puasa tetap memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat.
      "Semuanya harus dilandasi semangat pengabdian sebagai cerminan akhlaqul karimah selaku aparatur negara, abdi negara dan pelayan masyarakat," kata Rusmadi pada pengajian rutin setiap Jumat selama bulan Ramadhan di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (18/7).

Menurut Rusmadi, ibadah puasa yang telah dijalankan, ibarat petani, saat ini sedang menunggu hasil  panen. Sebab itu, dia mengimbau agar di sisa 10 hari terakhir ramadhan ini para pegawai terus memperbanyak ibadah, termasuk membayar kewajiban zakat.
      "Manfaatkan bulan suci ini untuk berbagi kepada sesama dengan berzakat, karena zakat penting  bagi seorang muslim. Zakat berguna untuk  membersihkan harta dan mensucikan jiwa," sambung Rusmadi.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kaltim KH Hamri Haz  dalam tausiahnya menguraikan pentingnya zakat bagi mereka yang memenuhi kategori wajib zakat agar harta mereka menjadi bersih dan jiwa merekapun menjadi suci kembali hingga semua berbuah keberkahan.
      Zakat sebagai ibadah maaliyah ijtimaiyah (ibadah yang terkait dengan harta dan jiwa sosial yang dimiliki) adalah satu-satunya cara untuk membersihkan harta dari segala kekotoran yang menghinggapinya. Maka dari itu, tidak dapat ditawar-tawar lagi karena zakat adalah perintah Allah yang mutlak harus dipenuhi.
      Dijelaskan, membayar kewajiban menunaikan zakat fitrah atau zakat mal serta sedekah tidak akan menyebabkan harta yang dimiliki menjadi berkurang jumlahnya karena telah dikeluarkan zakatnya.
      "Oleh sebab itu, bagi umat Islam yang hendak menunaikan zakat tidak perlu ragu hartanya akan berkurang, karena sebenarnya zakat yang disalurkan merupakan hak orang lain yang dititipkan melalui tangan kita," kata Hamri Haz.
      Dikatakannya, dengan membayar zakat lebih awal baik melalui lembaga amil zakat atau disalurkan langsung, masyarakat dapat lebih fokus melaksanakan ibadah ramadhan dengan optimal terutama pada 10 hari terakhir. (sar/sul/hmsprov).

Foto : Ratusan PNS mendengarkan tausiah yang disampaikan Ketua MUI Kaltim Hamri Has. (fajar/humasprov)

 

Berita Terkait