Rusmadi : ASN Harus Jadi Perekat NKRI

Rusmadi bersama peserta Diklatpim III Angkatan I Pemkab Mahakam Ulu. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA – Dalam situasi bangsa saat ini peran dan keterlibatan aparatur sipil negara (ASN) menjadi sangat penting dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Utamanya, kondisi saat ini dimana semakin marak isu yang mengancam keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa karena masih mempersoalkan perbedaan suku dan agama serta golongan.

 

Terkait hal itu diungkapkan Sekretaris Provinsi Kaltim Dr H Rusmadi pada pembukaan Diklat Pim III Angkatan I Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu) di Aula Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Kaltim, Selasa (13/6). "ASN harus berada di garda terdepan sebagai perekat dalam mempertahankan NKRI. Keterlibatannya sangat penting dalam membangun kesatuan dan persatuan bangsa,” kata Rusmadi.

 

Menurut dia, setiap aparatur wajib memahami bahwa keberagaman dan kemajemukan merupakan potensi dan kekayaan bahkan kekuatan dalam kedaulatan bangsa. Karenanya, ASN berkewajiban menyampaikan bagaimana kemajemukan dan keberagaman ini sudah ada sejak awal bahkan sebelum negara Indonesia merdeka.

 

Selain itu, setiap ASN harus memainkan peranan strategis secara optimal dalam memelihara dan menjaga keutuhan bangsa dan negara di lingkup kerja maupun masyarakat. “Jadi tidak ada kata lain. Harga mati dan menjadi tekad kita semua bahwa NKRI dan Pancasila adalah falsafah dan nafas hidup berbangsa dan bernegara,” tegas Rusmadi.

 

Demikian halnya, bagi ASN di seluruh wilayah Kaltim terlebih Mahulu yang merupakan daerah termuda dan memiliki kawasan perbatasan, pedalaman dan terpencil. Kondisi kewilayahan dan geografis menurut Rusmadi, menuntut jajaran Pemkab Mahulu bekerja ekstra keras dalam memenuhi tuntutan dan kebutuhan dasar masyarakat.

 

Disamping tetap terus berupaya mempertahankan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam menghadapi isu-isu disintegrasi bangsa sebab berdekatan wilayah negara lain.

 

"Pengalaman selama ini, kita hanya disibukkan dengan isu dan isu. Kondisi masyarakat menjadi tantangan tersendiri dan harus menjadi sinergi bagi Pemprov bersama Pemkab Mahulu untuk mengantisipasinya. Majunya Mahulu adalah penentu majunya Provinsi Kaltim,” ucap Rusmadi memberi memotivasi. (yans/sul/es/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation